Baru Diluncurkan, Varian Baru Jet Bisnis Airbus Langsung Laku Puluhan Pesawat

0
ACJ TwoTwenty. Foto: AIrbus

Airbus Corporate Jets (ACJ) belum lama ini meluncurkan varian jet bisnis, private jet, atau biasa juga disebut bizjet baru, ACJ TwoTwenty. Menariknya, tak lama setelah diluncurkan, perusahaan tersebut sudah menerima 10 pesawat.

Baca juga: Intip Kemewahan Konsep Kabin VIP Airbus A220, Crazy Rich Wajib Coba!

Dilansir dari laman resmi Airbus, maskapai penerbangan eksklusif untuk para pelanggan VIP, Comlux Aviation, merupakan pelanggan terbesar dengan pesanan enam unit pesawat. Ditargetkan, maskapai asal Swiss itu bisa mengoperasikan ACJ TwoTwenty pada 2023 mendatang.

“Bayangkan kembali tempat Anda di langit akan dilengkapi dengan kursi besar yang bisa dibaringkan dengan rata, tempat tidur ukuran US-king bed, standing rainshower, sistem pelembab untuk kenyamanan di pesawat dan konektivitas terdepan,” kata Richard Gaona, Executive Chairman & CEO Comlux.

“Kami bangga menjadi pelanggan pertama dari anggota keluarga terbaru Airbus, ACJ TwoTwenty dan mitra terpilih untuk melengkapi kabin di pusat penyelesaian kami di Indianapolis. Kami telah bekerja sama dengan ACJ dan berbagi pengalaman panjang kami dalam mengoperasikan semua jenis pesawat, untuk memungkinkan Bizjet baru menawarkan kenyamanan lebih dan inovasi kabin terbaru yang tersedia di industri,” tambahnya.

“Berkat kombinasi unik jangkauan antarbenua, kenyamanan, ruang ekstra, dan ekonomi tiada duanya, kami yakin pesawat ini akan menjadi pemenang dalam pasar penerbangan bisnis,” tegasnya.

Sementara itu, Presiden ACJ, Benoit Defforge, optimis bizjet terbaru perusahaan cukup menjanjikan bagi kelangsungan bisnis mereka dan pengguna. “Berdasarkan daya tarik pasarnya yang menarik, kami melihat permintaan yang menjanjikan untuk pesawat ini di pasar bisnis jet yang sedang berkembang,” ungkapnya.

Berbeda dari konsep sebelumnya yang mengusung desain kabin Harmony pada 2018 lalu, jet bisnis ACJ TwoTwenty menjadikan desain clean-sheet aircraft sebagai ruhnya. Desain pesawat yang masuk ke segmen pasar The Xtra Large Bizjet ini sebelumnya sudah digunakan di Airbus A220-100.

Jet bisnis ACJ TwoTwenty diklaim mampu terbang 12 jam lebih nonstop atau jarak sekitar 10.460 km, mengangkut 18 penumpang. Dengan begitu, pesawat tersebut sangat memungkinkan pelanggan untuk melakukan perjalanan bisnis di rute-rute potensial jarak jauh, seperti London-Los Angeles, Moskow -Jakarta, Tokyo-Dubai, dan Beijing-Melbourne.

Baca juga: Piaggio P180 Avanti – Mampu Tandingi Jet Bisnis Dengan Bentuknya Yang Unik!

Kemampuan ACJ TwoTwenty melahap penerbangan jarak jauh nonstop juga didukung dengan berbagai keunggulan, seperti kabin 3 kali lebih besar dari jet bisnis berbedan lebar mencapai 73 m, hingga 6 zona VIP berukuran masing-masing 12 m. Selain itu, pesawat juga lebih ekonomis hingga sepertiga dari jet bisnis berbadan besar. Hal itu dikarenakan material pesawat terbuat 5x lebih ringan namun 5x lebih kuat dari material pesawat pada umumnya.

ACJ TwoTwenty menawarkan dua varian kabin fleksibel. Pertama, pesawat bisa dikonfigurasikan dengan formasi business lounge, dining room, guest lounge, master bedroom, kamar mandi mewah dengan shower, dan kamar mandi VIP serta ruang istirahat kru. Kedua, dengan konfigurasi club room, dining room, lounge, private suite, dan vip lavatory. Bila ingin lebih variatif, ACJ TwoTwenty juga bisa diberi tambahan executive lounge, cinema lounge, conference room, dan private lounge.

Leave a Reply