Baru Selesai Dibangun dan Dikirim, Kapal Ferry Terbesar di Cina Mengalami Kebakaran

0
Zhong Hua Fu Qiang (China Fortune) selesai pada September 2020 - Huanghai Shipbuilding (maritime-executive.com)

Pernah membayangkan Anda di sebuah kapal ferry RoRo dan tiba-tiba mengalami masalah dalam perjalanan? Rasanya hal ini mungkin saja dipikirkan Anda ketika bepergian dengan berbagai moda transportasi bukan hanya kapal ferry.

Baca juga: Terombang-Ambing Selama Tujuh Jam, Penumpang Kapal Ferry ini Tidak Bisa Gunakan Toilet!

Seperti yang belum lama ini terjadi, sebuah kapal ferry RoRo terbaru dan terbesar di Cina harus mengalami kerusakan parah. Kapal ferry yang mengangkut penumpang tersebut dilaporkan mengalami kebakaran di dek kendaraan.

KabarPenumpang.com melansir dari laman maritime-executive.com (21/4/2021), dalam insiden tersebut dilaporkan semua orang dalam kapal ferry dievakuasi dengan aman dari kapal. Sebab dari yang terlihat, kapal ferry ini mengalami kerusakan yang cukup signifikan.

Kapal ferry terbaru dan terbesar tersebut memiliki berat kotor 37 ribu ton dan bernama Zhong Hua Fu Qiang (China Fortune). Sebelum insiden, Zhong Huan Fu Qiang berangkat dari Weihan di Cina utara pada 19 April untuk perjalanan selama tujuh jam untuk menyeberang ke Laut Kuning di Dalian.

Namun sayangnya selama perjalanan, ternyata asap terlihat dari salah satu truk yang berada di dek kendaraan. Karena hal ini, mau tak mau kapal ferry RoRo tersebut kembali ke Weihan dan petugas memerintahkan untuk mengevakuasi semua orang.

Setelah semua orang dievakuasi untuk keamanan, petugas pemadam kebakaran yang ada di pelabuhan tersebut langsung melakukan upaya pengendalian api. Kemudian pada 20 April terjadi ledakan dan menunjukkan asap mengepul dari kapal dan kerusakan terjadi saat api menyebar ke bagian lain dari kapal ferry.

Baca juga: Alami Kebakaran di Selat Sunda, Inilah Serba-Serbi Kapal Ferry KMP BSP 1

Untuk diketahui, kapal ferry terbaru dan terbesar di Cina tersebut baru selesai di bangun dan dikirim ke pemiliknya yakni Bohai Ferry Group pada September 2020 kemarin. Ferry ini memiliki panjang 610 kaki atau sekitar 185 meter dan mampu mengangkut sekitar 2.262 penumpang dan sekitar 230 kendaraan.