BEAM: Solusi Penat Saat Perjalanan Kereta Jarak Jauh

0
Sumber: standard.co.uk

Untuk sebagian orang, perjalanan jauh terkadang jadi membosankan dan melelahkan. Waktu tempuh yang bisa dibilang sangat lama ditambah dengan jarak yang amat jauh memang menjadi tantangan setiap pengguna moda sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, baik menggunakan moda darat, laut, maupun udara. Tidak jarang, setiap penumpang membawa headset untuk mendengarkan musik kesukaannya ataupun gadget lain yang dapat sedikit membantu untuk membunuh waktu bosan mereka. Namun, apa yang harus Anda lakukan jika masih merasa bosan? Atau bagaimana jika Anda lupa untuk membawa headset atau gadget Anda? Tentu saja perjalanan jauh tersebut makin terasa lama.

Sumber: icomera.com
Sumber: icomera.com

Seperti tahun 2016 silam, layanan kereta asal Negeri Paman Sam, Virgin Trains merilis sebuah terobosan baru yang diharapkan dapat menghibur penumpangnya yang melakukan perjalanan jauh. Adalah BEAM, sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menonton ribuan film selama Anda melakukan perjalanan bersama Virgin Trains. Tidak hanya film, Anda juga dapat mengunduh games menggunakan aplikasi ini. Diharapkan, kehadiran BEAM dapat membantu penumpang Virgin Trains lebih menikmati perjalanannya.

Bila Anda berencana untuk menggunakan Virgin Trains dan mencoba BEAM, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mengunduh terlebih dahulu aplikasi BEAM melalui Google Playstore atau App Store. Setelah aplikasi terunduh, daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum menikmati pilihan hiburan yang berada di dalam aplikasi tersebut. Setelah proses registrasi selesai, saatnya Anda untuk mengakses film, channel TV, hingga games dalam genggaman Anda.

Tapi, bagaimana jika ditengah perjalanan sinyal lemah sehingga merusak kesenangan Anda? Tidak perlu khawatir, pihak Virgin Trains sudah mempersiapkan segalanya secara matang. Anda cukup menyambungkan gadget ke WiFi (wireless fidelity) yang tersedia di kereta, penyambungannya pun dilakukan di dalam aplikasi BEAM. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kuota internet Anda terkuras hanya demi menghibur perjalanan Anda.

Pertanyaan lain muncul, kalau sudah terhubung ke WiFi, mengapa harus menggunakan BEAM? Kenapa tidak menggunakan aplikasi hiburan lain saja seperti youtube? Untuk mencegah penumpangnya mengakses portal-portal yang negatif, maka pihak BEAM seakan membentengi penumpangnya untuk mengakses portal tersebut. Aplikasi ini tentu saja tidak memasukkan unsur-unsur radikal, seperti pornografi, dengan alasan pengguna aplikasi ini bukanlah orang dewasa saja, melainkan anak-anakpun dapat mengunduh aplikasi ini.

Aplikasi ini juga memungkinkan para penumpangnya untuk melanjutkan film yang belum selesai ditonton saat perjalanan pulang.  Juru Bicara Virgin Trains mengatakan sangat bangga dengan peluncuran layanan ini, karena BEAM merupakan aplikasi hiburan pertama yang terpasang di industri perkereta apian. “Kami telah bekerja sangat keras untuk menyediakan berbagai fasilitas hiburan yang fantastis untuk memenuhi semua selera pelanggan kami,” tuturnya seperti yang dilansir dari laman mirror.co.uk, 8 Juni 2016. Tidak hanya terpasang di Virgin Trains, BEAM juga dapat diakses di seluruh Pendolino Express di jalur West Coast, termasuk Manchester, Liverpool, dan Skotlandia.

Model aplikasi seperti BEAM kabarnya juga akan diterapkan oleh PT KAI. Direktur Komersial PT KAI M. Kuncoro Wibowo, belum lama ini menyebut bahwa pihaknya tengah merancang program entertainment on train. “Program kami akan menggunakan basis aplikasi di dalam smartphone/tablet milik penumpang, sementara jaringannya akan memanfaatkan WiFi,” ujar M. Kuncoro kepada KabarPenumpang.com.

 

Leave a Reply