“Bebas,” Jadi Film Pertama yang Dibuat dengan Latar MRT Jakarta

(Republika)

Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta yang mulai mengular pada awal April 2019 ternyata tak hanya di tunggu oleh masyarakat ibukota dan daerah penyangga. Tetapi ternyata di tunggu juga oleh para sutradara Indonesia yang bangga dengan kehadiran moda transportasi baru ini.

Baca juga: Resmi Ganti Nama dari Sisingamangaraja Menjadi ASEAN, Stasiun MRT Ini Juga Terintegrasi Halte 

Pasalnya baru-baru ini Miles Film melakukan produksi film yang berjudul Bebas di stasiun MRT. Dalam proses produksi film yang disutradarai oleh Riri Riza ini, pemain dan kru film tampak gembira.

“MRT ini sudah lama ditunggu oleh warga Jakarta. Melalui film ini, kami ingin memperlihatkan kebanggan kita terhadap MRT yang saat ini telah beroperasional,” ujar Riri yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman bisnis.com (23/4/2019).

Syuting film Bebas yang di produseri Mira Lesmana mengambil lokasi syuting di Stasiun MRT Lebak Bulus. Bahkan Mira mengaku ada satu adegan yang berkesan dalam film tersebut.

“Ada satu adegan paling berkesan dalam film ini yaitu adegan yang menggambarkan tokoh utama cerita di masa lalu naik kereta dan tokoh yang sama di masa kini melakukan hal yang sama. MRT merupakan representasi yang pas untuk bisa menggambarkan perubahan keadaan Jakarta di masa kini yang sesuai drngan film cerita,” ujar Mira.

Tak hanya Mira yang bangga, tetapi Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar ikut menyambut hangat dengan proses syuting film Bebas ini.

“Kami senang Mira Lesmana dan Riri Riza memilih MRT Jakarta dalam salah satu adegan film terbaru mereka. MRT Jakarta hadir untuk menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat dan kami berharap adegan MRT Jakarta dapat menjadi contoh nyata bagi masyarakat untuk #UbahJakarta,” kata William.

Namun, dengan syuting ini apakah mengganggu pengoperasian MRT Jakarta? Ternyata saat KabarPenumpang.com menghubungi pihak humas MRT, tidak ada masalah dengan syuting maupun operasional kereta.

“Tidak ada blocking area, kami hanya bilang kalau mau syuting silahkan. Kalau tidak mengganggu cari jam-jam tidak sibuk untuk syutingnya. Kru juga tidak membawa peralatan yang banyak untuk syuting, jadi mengalir seperti penulpang biasa,” ujar salah satu humas MRT Jakarta Tomo.

Baca juga: Komikus Jepang Kritik Hutang Pembangunan, MRT Jakarta: “Tidak Ada yang Namanya Terlambat Bayar”

Pemeran film Bebas yakni Marsha Timothy, aktris pemenang piala citra tahun lalu untuk pemeran wanita terbaik, Maizura, Sheryl Sheinafia, Baskara Mahendra, Agatha Pricilla, Lutesha, Zulfa Maharani, Susan Bachtiar, Indy Barends, dan Widi Mulia