Beda Maskapai Beda Pula Aturan Bawa Bagasi Jinjing Dalam Kabin

0

Sebenarnya bagaimana sih peraturan untuk tas jinjing yang boleh di bawa dalam kabin? Sebab tidak semua maskapai memiliki ketentuan yang sama. Bahkan ukurannya pun terkadang jauh berbeda bisa lebih besar, lebih kecil, lebih berat atau lebih ringan dari yang lainnya.

Baca juga: Per 15 Januari 2018, Ryanair Berlakukan Kebijakan Baru Untuk Tas di Dalam Kabin 

KabarPenumpang.com merangkum laman qz.com (21/11/2019), ada analisis yang dilakukan terkait kendala bagasi pada 110 maskapai penerbangan berbiaya hemat. Berikut ini rangkuman yang didapat.

#Dimensi tas jinjing paling umum
Pada maskapai berbiaya hemat ada berbagai jenis dimensi yang diperbolehkan masuk. Tas ukuran 55cm x 40cm x 20cm adalah yang terbaik. Ukuran ini diizinkan pada 45 pesen penerbangan seperti maskapai Lufthansa, EasyJet, Iceland Airlines, Swiss Airlines, Eurowings dan Air Canada. Sedangkan yang memberikan ruang lebih besar yakni 56cm x 36cm x 23cm ada pada 34 maskapai penerbangan termasuk American Airlines, Virgin Australia, AirAsia dan Cathay Pacific.

#Volume bagasi
Beberapa maskapai tidak menggunakan dimensi tas, melainkan menggunakan ukuran volume atau keterisian tas. Biasanya tas jinjing yang paling umum adalah dengan volume 46 liter. Tetapi ada pula yang memberikannya dua kali lipat. Sebanyak 14 maskapai penerbangan seperti diantaranya Finnair, El Al, British Airways, Iberia Airlines, China Eastern Airlines, dan EasyJet memungkinkan hingga volume 63 liter masuk dalam kabin.

#Berat tas jinjing
Beberapa maskapai tidak memberikan batasan berat tas jinjing seperti EasyJet, Air Canada, JetBlue, Amerika, WestJet, Delta, United, dan RyanAir. Ada 28 maskapai yang menetapkan berat tujuh kilogram dan 28 maskapai lainnya menerapkan berat batas sepuluh kilogram. Tetapi, bila Anda ingin membawa tas jinjing lebih berat bisa menggunakan British Airways karena memungkinkan tas jinjing seberat 23 kg untuk masuk dalam kabin.

Dalam kebanyakan kasus, tujuh puluh persen dari maskapai penerbangan dalam penelitian memperbolehkan untuk barang pribadi di samping tas jinjing. Namun, definisi barang pribadi bervariasi dari payung atau selimut hingga dompet atau tas laptop. Maskapai biasanya memperbolehkan barang-barang pribadi yang bisa dibawa ke kabin tepatnya di bawah kursi.

Delapan maskapai penerbangan, hanya mengizinkan barang pribadi dengan tiket termurah mereka, seperti Allegiant Air, Wizz, Spirit, Porter, Frontier dan Turkmenistan Airlines. Itu juga termasuk dua yang terbesar di dunia RyanAir dan United Airlines. Sedangkan Kenya Airlines menjadi satu-satunya maskapai yang memungkinkan dua barang pribadi selain barang bawaan.

Baca juga: Tak Hanya Mudahkan Awak Kabin, Tablet PC Bantu Kurangi Penggunaan Kertas

Jadi, dari studi yang dilakukan, ternyata British Airways menjadi yang paling murah hati untuk kebijakan barang. Batas bawaan 23 kg yang lebih besar dibanding maskapai lain dan volume 63 liter serta mengizinkan barang pribadi lain untuk ikut di bawa dalam kabin.

Leave a Reply