Tak Hanya Mudahkan Awak Kabin, Tablet PC Bantu Kurangi Penggunaan Kertas

0
(Inquirer Technology - Inquirer.net)

Tak hanya memudahkan pekerjanya, Asiana Airlines juga sepertinya membantu untuk menjaga lingkungan dengan mengurangi pemakaian kertas untuk laporan mereka. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan efisien maskapai Korea Selatan tersebut dengan mengadopsi platform kerja cerdas yang disebut A-tab untuk awak kabinnya.

Baca juga: Bingung Saat di Dalam Pesawat? Inilah Pertanyaan Favorit untuk Awak Kabin

Selain efisiensi kerja, A-tab tersebut juga membuat kerja pada awak kabin nyaman dan dimudahkan. Sebab dengan sistem bekerja pada PC tablet awak kabin bisa memeriksa jadwal kerja mereka, informasi tentang penerbangan, manual kerja dan juga menyerahkan laporan terkait pekerjaan mereka.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman koreaherald.com (15/7/2019), tablet PC ini dibagikan kepada sekitar empat ribu awak kabin yang dilengkapi dengan sistem pada akhir pekan. Seorang awak kabin Asiana Airlines mengatakan, hal tersebut memudahkan karena tidak harus membawa tumpukan kertas.

“Daripada harus membawa tumpukan dokumen kertas, pengenalan A-tab akan membantu awak kabin untuk mengepakkan cahaya dan juga meningkatkan efisiensi kerja,” kata awak kabin tersebut.

Pada bulan Januari 2019, maskapai penerbangan memberikan pilotnya tablet PC dengan aplikasi yang bekerja pada sistem yang disebut Electronic Flight Bag (EFB), yang membantu mereka dengan mudah melihat manual layanan, grafik dan kinerja penerbangan. Setelah operasi uji EFB dengan pilot yang menerbangkan pesawat Boeing 747. Perusahaan berencana untuk memperluas aplikasi ke kru lainnya yang mengoperasikan semua model pesawat.

“Asiana telah berupaya memperkenalkan sistem berdasarkan kebutuhan karyawan, serta untuk memecahkan masalah mereka. Kami akan terus meningkatkan efisiensi kerja bagi karyawan kami melalui solusi IT berbasis data besar,” kata pejabat Asiana Airlines.

EFB sendiri merupakan aplikasi perjanjian antara Jeppesen dan Asiana Airlines untuk tiga pesawat Boeing 777 baru yang akan menampilkan Boeing Class 3 EFB. Jeppesen juga akan menyediakan sistem e-Link kepada maskapai ini sehingga grafik dan data dapat diakses secara elektronik oleh personel darat, seperti pengiriman dan operasi.

Baca juga: Lari Telanjang di Hotel Singapura, Tiga Awak Kabin British Airways Terancam Dipecat

“Asiana Airlines dengan bangga memperkenalkan teknologi Electronic Flight Bag (EFB) yang mutakhir ke dalam armada 777 sebagai langkah menuju kokpit digital. EFB akan mengganti sebagian besar manual hardcopy kertas, yang akan mengurangi berat dan menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah, “kata Ho-il Lee, wakil presiden senior OCC & Penerbangan Operasi, Asiana Airlines.

Leave a Reply