Beijing-Guangzhou High-Speed Line, Jaringan Kereta Cepat yang Dioperasikan Dua Operator

0
Sumber: wikipedia

Tidak hanya unggul dalam urusan jiplak menjiplak, Cina juga ternyata memiliki poin unggul di sektor transportasinya. Tahukah Anda bahwa enam dari sepuluh jaringan kereta cepat terpanjang di dunia terletak di Negeri Cina? Sedangkan sisanya terletak di Spanyol, Jepang, Rusia, dan Amerika Serikat. Namun kali ini kami tidak akan membahas tentang ke-10 jaringan kereta cepat terpanjang di dunia tersebut, melainkan satu yang paling panjang yang ada di dunia – Beijing-Guangzhou high-speed line.

Baca Juga: 10 Fakta Seputar Kereta Cepat di Cina

Mulai beroperasi sejak Desember 2012 silam, jaringan kereta cepat ini dinobatkan sebagai yang terpanjang di dunia dengan total lintasan mencapai 2.298 km! Dengan jarak yang sangat jauh tersebut, hanya dibutuhkan waktu sekira delapan jam saja untuk menghubungkan dua kota ini – setelah sebelumnya perjalanan antara Beijing menuju Guangzhou memakan waktu hingga 22 jam lamanya.

Dengan menggunakan jenis kereta CRH380-AL, kereta ini mampu menembus kecepatan maksimum hingga 350 km per jam dan jaringan Beijing-Guangzhou high-speed line terbagi ke dalam empat section: Beijing-Shijiazhuang-Zhengzhou (693 km), Zhengzhou-Wuhan (536km), Wuhan-Guangzhou (968 km), dan Guangzhou-Shenzhen (102 km).

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman railway-technology.com, jalur kereta berkecepatan tinggi melintasi provinsi Hebei, Henan, Hubei, Hunan dan Guangdong, yang menghubungkan 28 kota besar di Cina dan 47 stasiun di sepanjang rute. Adapun jalur yang digunakan oleh Beijing – Guangzhou high-speed line menganut bentang rel standar, yaitu 1.435 mm.

Lucunya, jaringan kereta cepat terpanjang di dunia ini dioperasikan oleh dua operator sekaligus – dimana ketika kereta mengular di daerah Cina daratan operatornya adalah China Railway, sedangkan ketika mengular di wilayah Hong Kong, operatornya berubah menjadi MT Corporation.

Baca Juga: Cina Canangkan Kereta Cepat Maglev dengan Kecepatan 800 Kilometer Per Jam!

Lantaran jarak tempuhnya yang fantastis, tersedia beberapa depot untuk ‘merawat’ rangkaian kereta yang beroperasi di jalur ini, beberapa diantaranya adalah: Beijing MU Depot, Zhengzhou MU Depot, Wuhan MU Depot, Guangzhou MU Depot, dan Shenzhen MU Depot.

Satu fakta unik lain adalah Beijing – Guangzhou high-speed line merupakan satu-satunya kereta api berkecepatan tinggi Tiongkok yang melintasi perbatasan yang membutuhkan imigrasi dan bea cukai.

 

 

Leave a Reply