Belajar dari Pandemi, Seharusnya Pekerja Tak Perlu Mempertaruhkan ‘Nyawa’

0
Ilustrasi tempat-tempat rawan sebaran virus corona di kereta. Foto: Getty via Vox

Ketika sebuah virus menjadi pandemi di dunia, banyak negara yang menutup diri untuk meminimalisir penularan dan penyebarannya. Tak hanya itu karena pandemi ini akhirnya banyak orang yang tetap harus berangkat ke tempat kerja meski risiko tertular virus lebih besar dibandikan bekerja dari rumah.

Baca juga: Area Dekat Pintu Kereta Komuter, Jadi Lokasi Potensi Terbesar Penularan Virus Corona

Apalagi bagi mereka yang menggunakan angkutan umum seperti bus atau kereta menuju ke tempat kerja. Para pekerja ini mungkin tidak menginginkan hal tersebut karena mereka tahu cara penularan virus tersebut.

Namun mereka membutuhkan uang untuk menghidupi diri pribadi dan keluarga. Mungkin untuk kalangan menengah atas, memilih untuk melakukan aktivitas di rumah atau bepergian ke tempat yang jauh adalah hal yang bisa dilakukan dan tidak takut tertular.

Tapi bagi para pekerja bisa saja merepotkan karena harus mencari pengasuh anak-anak. Selain itu harus naik bus atau kereta yang ramai dan khawatir ketika seseorang batuk saat di tempat kerja hingga tidak ada pembersih tangan yang cukup.

KabarPenumpang.com melansir theguardian.com (1/4/2020), bila para pekerja yang menaiki angkutan umum penuh sesak dan tertular virus pandemi sepertinya akan kalah menarik daripada urusan politik di Washington atau para selebriti yang terinfeksi. Dunia tahu bahwa virus bukanlah kesalahan para pekerja, tetapi kenyataan bahwa ada manusia yang terinfeksi yang menaiki angkutan umum.

Diketahui,  gudang, perusahaan angkutan truk dan toko-toko besar masih buka serta melakukan aktivitas mereka. Hal ini yang kemudian membuat para pekerja masih harus bekerja dan tidak ada perlindungan bagi mereka.

Namun tidak diketahui bagaiman para pekerja gudang, pengemudi truk barang ataupun pramusaji di toko akan berelasi jika diantara merek ada yang sakit. Bahkan tidak diketahui nasib Masyarakat di Capitol Hill, Malibu dan Hamptons kedepannya.

Baca juga: Cegah Penyebaran Virus Corona, Pembatasan Transportasi Publik Dilakukan Banyak Negara

Sebab tidak bisa diprediksi biaya yang harus dikeluarkan orang-orang dan kuangan yang tidak diasuransikan, karena kerusakan yang terjadi saat ini. Terlepas dari semua ini,  ada harapan di mana manusia belajar dari kesalahan saat pandemi yang sedang berlangsung sekarang.

 

 

Leave a Reply