Belum Nambah Armada Lagi, Ini Kecepatan WiFi Dalam Pesawat Citilink

Sensasi menggunakan WiFi onboar di Citilink (detik.com)

Citilink, maskapai berbiaya hemat (LCC) milik Indonesia ini telah meluncurkan fasilitas free WiFi onboard atau dalam penerbangan. Kuota yang diberikan pun terbatas hanya 50 MB, tetapi bila penumpang membutuhkan tambahan bisa langsung mengatakannya kepada awak kabin.

Baca juga: Airbus A320-214 PK-GQR: Sensasi Free WiFi Perdana di Armada Citilink

Meski begitu, bagaimana kecepatan WiFi dalam pesawat milik maskapai hijau tersebut? Koneksi WiFi gratis ini bisa digunakan setelah pesawat lepas landas dan tanda penggunaan sabuk pengaman dipadamkan. Dilansir KabarPenumpang.com dari detik.com yang mencoba menggunakan WiFi dalam penerbangan QG 686 dari Jakarta ke Denapasar.

Dari aplikasi speedtest, kecepatan internet dalam pesawat cukup baik dan kapasitas kecepatan untuk mengunduh mencapai 14,2 Mbps dan mengunggah 0,41 Mbps. Membuka berbagai laman website pun koneksinya cukup lancar dan konten tulisan serta gambar cukup mudah dibuka.

Sedangkan untuk berkirim pesan singkat melalui aplikasi WhatsApp berjalan dengan lancar. Tak hanya itu melakukan panggilan video pun lancar tanpa hambatan. Meskipun koneksi lancar, suara terdengar jelas, tetapi gambar di video sedikit tersendat pada waktu tertentu.

Dalam mengakses video melalui Youtube pun kualitas yang didapat lancar dengan akses 480p. Melakukan streaming pun dengan kualitas segitu hasil yang didapat lancar dan tanpa hambatan. Begitupun dengan layanan video Netflix yang berjalan mulus.

Beberapa platform media sosial lainnya pun juga berjalan setara dengan menggunakan jaringan 4G di darat. Penggunaan Instagram dengan mengunggah Instagram storie atau scrolling timeline pun terbilang cepat. Bahkan, main game online cukup lancar.

Perlu diperhatikan, bahwa kondisi koneksi internet ini berlangsung saat siang hari dengan cuaca cerah. Kapasitas penumpang juga hanya 50 persen dari total kursi pesawat. Tetapi, di saat-saat tertentu, seperti turbulensi koneksi akan hilang dengan sendirinya.

Terpenting adalah penggunaan WiFi hanya dapat dipakai saat pesawat sudah lepas landas dan tidak dalam kondisi take off atau landing. HIngga saat ini diketahui, esawat yang sudah dilengkapi WiFi onboar hanya ada satu yakni tujuan ke Denpasar, Bali.

Baca juga: Naik Citilink, Kini Bisa Nikmati WiFi Gratis di Ketinggian 35 Ribu Kaki

Padahal anak perusahaan Garuda Indonesia ini hingga akhir tahun 2019 akan menambahkan fasilitas free WiFi onboard di 20 armadanya. namun saat dihubungi KabarPenumpang.com terkait rencana penambahan WiFi onboard, pihak Citilink belum bisa menjawab untuk kelanjutannya.