Bergeser ke Era Otomatis, Maskapai Iberia Uji Coba Facial Recognition

0
Sumber: istimewa

Maskapai penerbangan asal Spanyol, Iberia diberitakan telah meluncurkan proyek percontohan pengenalan wajah atau yang beken dengan sebutan facial recognition di hubnya di Terminal 4 di Bandara Adolfo Suárez Madrid-Barajas. Adapun proyek percontohan ini ditujukan untuk meningkatkan pengalaman penumpang yang hendak bertolak atau baru datang di bandara berkode IATA MAD ini.

Baca Juga: Tidak Melulu di Bandara, Osaka Metro Hadirkan Teknologi Face Recognition di Stasiun Bawah Tanah

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman passengerterminaltoday.com, dalam menjalani proyek percontohan ini, pihak bandara bekerja sama dengan sejumlah perusahaan terkait, seperti Aena, Informatica El Corte Ingles, S.A. (IECISA), Gunnebo, dan Thales. Tujuan hadirnya proyek ambisius ini adalah agar supaya arus pergerakan penumpang di bandara menjadi lebih cepat, karena teknologi yang terpasang memungkinkan penumpang mengidentifikasi diri mereka sendiri di kontrol keamanan dengan menggunakan profil biometrik mereka. Dengan begitu, para penumpang tidak perlu lagi menunjukkan dokumen pribadi mereka, dan perjalanan mereka di bandara akan menjadi jauh lebih efisien waktu.

Menurut pihak maskapai, uji coba ini akan diuji coba antara rentang enam hingga 12 bulan dengan penumpang maskapai yang hendak bertolak menuju Asturias atau Brussels – dimana kedua rute penerbangan ini dilayani oleh maskapai bintang lima, Iberia. Uji coba ini juga akan memungkinkan pengguna untuk mendaftar melalui aplikasi di perangkat seluler mereka, dan juga tersedia di kios yang ditempatkan di konter check-in 848 dan di depan area kontrol keamanan Terminal 4. Sistem pengenalan wajah juga dipasang di gerbang J40 dan J58 Terminal 4.

Baca Juga: Pilah-Pilih Vendor, Bandara Internasional Changi Siap ‘Pekerjakan’ Facial Recognition

Penumpang dapat mendaftar menggunakan aplikasi Iberia atau Aena atau di kios-kios di Terminal 4, diharuskan untuk memindai kode QR boarding pass dan menghubungkannya dengan profil mereka. Proses pendaftaran ini hanya akan dilakukan sekali selama periode pengujian.

Proyek percontohan pengenalan wajah adalah bagian dari program transformasi digital dari Iberia, yang bertujuan untuk menghubungkan semua operasi yang melibatkan pelanggan dan karyawan.

Leave a Reply