Beroperasi Penuh Per 29 Maret 2020, Semua Maskapai dari Adisucipto Pindah ke YIA

12

Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo akan diresmikan pada 29 Maret 2020 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini kemudian membuat maskapai yang tadinya mendaratkan pesawat mereka di Bandara Adisucipto pindah ke bandara baru ini semua sebelum tanggal 29 Maret itu.

Baca juga: Di Tengah Hembusan Angin Laut Selatan, Proving Flight Berlangsung Sukses di Bandara Internasional Yogyakarta

Seperti maskapai milik Lion Air Group yakni Lion Air dan Batik Air. Dua hari lalu, tepatnya 8 Maret 2020, keduanya memindahkan penerbangan mereka ke YIA. Corporate Communication  Strategic of Lion Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pemindahan Lion dan Batik ke YIA sekaligus menandai sebagai bandara kelima di kawasan Jogja, Solo Semarang  (Joglosemar) yang dilayani untuk penerbangan sipil komersial.

KabarPenumpang.com mengutip siaran pers, Danang mengatakan, Lion berencana mengoperasikan 46 frekuensi penerbangan setiap hari pergi pulang (PP) di YIA. Nantinya akan melayani 14 kota tujuan domestik yakni Padang, Pekanbaru, Batam, Palembang, Jakarta, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Denpasar, Mataram, Medan, Pontianak dan Tarakan.

Selain itu Garuda Indonesia dan Citilink yang sudah memindahkan layanan mereka lebih dahulu ke YIA juga akan mulai melayani seluruh penerbangannya pada 29 Maret 2020. Direktur utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengungkapkan, pemindahan layanan mereka ke YIA merupakan bagian dari upaya peningkatan layanan penerbangan melalui hadirnya layanan fasilitas ke bandarudaraan bertaraf internasional di YIA.

Pada perpindahan ini, Garuda Indonesia akan mengoperasikan 81 penerbangan dari dan menuju ke YIA ke sejumlah destinasi penerbangan domestik seperti Makassar, Denpasar, Balikpapan dan Jakarta. Dia mengatakan, dioperasikannya layanan penerbangan Garuda Indonesia di YIA kedepannya di harapkan dapat semakin memperkuat berbagai potensi peningkatan layanan terhadap penumpang mulai dari aspek pre-flight hingga post-flight melalui berbagai fasilitas penunjang yang dihadirkan bandara berkapasitas 20 juta penumpang per tahun tersebut.

Sedangkan Citilink akan mengoperasikan sebanyak 24 penerbangan dari dan menuju ke YIA setiap minggunya ke sejumlah destinasi seperti Jakarta, Medan, Pekanbaru, Balikpapan, Makassar, Palembang, Banjarmasin dan Denpasar.  PT Angkasa Pura I yang mengoperasikan Bandara Internasional Yogyakarta ini mengatakan semua maskapai sudah harus pindah pada 29 Maret 2020. Mereka mengatakan transportasi untuk integrasi angkutan penumpang lain menuju ke kota Yogyakarta seperti Danri, Satelqu, taksi sudah ada.

“Penumpang juga bisa menggunakan kereta api dari Stasiun Wojo yang jaraknya sepuluh menit dari Bandara Internasional Yogyakarta,” kata VP Corporate Secretary AP I, Handy Heryudhitiawan.

Baca juga: Pasar di Bandara NYIA Tak Sesuai, Xpressair Pindah ke Bandara Adi Soemarmo Maret

Diketahui, satu maskapai yang lebih memilih pindah ke Solo adalah Xpressair.  Mereka mengatakan pemindahan ke Solo dikarenakan pasar di bandara baru Yogyakarta ini berbeda dengan di Adisutjipto.

12 COMMENTS

  1. Garuda Indonesia akan mengoperasikan 81 penerbangan dari dan menuju ke YIA, sedangkan Citilink akan mengoperasikan 24 penerbangan dari dan menuju ke YIA setiap minggunya untuk ke destinasi.

  2. Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo akan diresmikan pada 29 Maret 2020. Beberapa maskapai memindahkan penerbangan mereka seperti Lion Air Group yaitu Lion Air dan Batik Air, tepatnya 8 Maret 2020, keduanya memindahkan penerbangan mereka ke YIA.

    Selain Lion Air Group, Garuda Indonesia dan Citilink juga akan memindahkan penerbangannya ke YIA

    PT Angkasa Pura I mengatakan semua maskapai harus pindah pada 29 Maret 2020.

  3. Citilink akan mengoperasikan sebanyak 24 penerbangan dari dan menuju ke YIA setiap minggunya ke sejumlah destinasi seperti Jakarta, Medan, Pekanbaru, Balikpapan, Makassar, Palembang, Banjarmasin dan Denpasar. PT Angkasa Pura I yang mengoperasikan Bandara Internasional Yogyakarta ini mengatakan semua maskapai sudah harus pindah pada 29 Maret 2020. Mereka mengatakan transportasi untuk integrasi angkutan penumpang lain menuju ke kota Yogyakarta seperti Danri, Satelqu, taksi sudah ada.

  4. Ada 4 maskapai penerbangan yang memindahkan rute penerbangan nya ke YIA ( Bandara Internasional Yogyakarta ) Yaitu, Lion Air,Batik Air, Garuda indonesia, dan Batik air.
    Hal ini dilakukan karena untuk meningkatkan layanan penerbangan melalui layanan fasilitas kebandarudaraan bertaraf internasional di YIA. Dan kedepannya di harapkan dapat semakin memperkuat berbagai potensi peningkatan layanan terhadap penumpang mulai dari aspek pre-flight hingga post-flight melalui berbagai fasilitas penunjang yang dihadirkan bandara.

  5. Ada 4 maskapai penerbangan yang memindahkan rute penerbangan nya ke YIA ( Bandara Internasional Yogyakarta ) Yaitu, Lion Air,Batik Air, Garuda indonesia, dan Batik air.
    Hal ini dilakukan karena untuk meningkatkan layanan penerbangan melalui layanan fasilitas kebandarudaraan bertaraf internasional di YIA. Dan kedepannya di harapkan dapat semakin memperkuat berbagai potensi peningkatan layanan terhadap penumpang mulai dari aspek pre-flight hingga post-flight melalui berbagai fasilitas penunjang yang dihadirkan bandara berkapasitas 20 juta penumpang per tahun tersebut.

  6. Selain itu Garuda Indonesia dan Citilink yang sudah memindahkan layanan mereka lebih dahulu ke YIA juga akan mulai melayani seluruh penerbangannya pada 29 Maret 2020. Pada perpindahan ini, Garuda Indonesia akan mengoperasikan 81 penerbangan dari dan menuju ke YIA ke sejumlah destinasi penerbangan domestik seperti Makassar, Denpasar, Balikpapan dan Jakarta.

  7. PT Angkasa Pura I yang mengoperasikan Bandara Internasional Yogyakarta ini mengatakan semua maskapai sudah harus pindah pada 29 Maret 2020.transportasi untuk integrasi angkutan penumpang lain menuju ke kota Yogyakarta seperti Damri, Satelqu, taksi sudah ada.

  8. maskapai yang tadinya mendaratkan pesawat mereka di Bandara Adisucipto pindah ke bandara baru ini semua sebelum tanggal 29 Maret itu. transportasi untuk integrasi angkutan penumpang lain menuju ke kota Yogyakarta seperti Damri, Satelqu, taksi sudah ada.

  9. PT Angkasa Pura I yang mengoperasikan Bandara Internasional Yogyakarta ini mengatakan semua maskapai sudah harus pindah pada 29 Maret 2020. Mereka mengatakan transportasi untuk integrasi angkutan penumpang lain menuju ke kota Yogyakarta seperti Damri, Satelqu, taksi sudah ada.

Leave a Reply