Berubah Jadi Rumah Tinggal, Stasiun Droxford Tua Masih Dilengkapi Dekorasi Seperti Saat Berfungsi

0
Stasiun Droxford Tua tampak depan (homesandproperty.co.uk)

Stasiun berubah jadi rumah tinggal? Ini bukanlah hal yang asing, sebab di Indonesia pun ada stasiun yang beralih fungsi menjadi rumah tinggal, bahkan ada yang berubah menjadi restoran atau sebagainya. Di Inggris salah stasiunnya pun berubah fungsi menjadi rumah tinggal.

Baca juga: Bukti Cinta Pada Kereta, Halaman Belakang Rumah Disulap Jadi Replika Stasiun

Rumah ini bersejarah dengan memiliki teras platform (peron) dan ruang persinyalan. Rumah bekas Stasiun Droxford Tua dulunya melayani kereta ke Chruchill menuju ke Normandia yang hingga akhirnya beralih fungsi seperti saat ini. KabarPenumpang.com merangkum homesandproperty.co.uk (8/10/2020), stasiun ini dulunya dibuka tahun 1903 sebagai bagian dari kereta api Meon Valley sepanjang 22 mil atau sekitar 35 km.

Stasiun Droxford Tua tampak depan
(homesandproperty.co.uk)

Kemudian Stasiun Droxford Tua ditutup untuk penumpang di tahun 1950-an dan sekarang menjadi rumah dengan lima kamar tidur yang letaknya berada di lahan seluas lebih dari dua hektar. Platform terbentang di sepanjang ekseterior rumah tesebut dan beralih fungsi bukan lagi sebagai tempat penumpang menunggu melainkan teras terbuka.

Pemilik rumah tersebut yakni Antony dan Jo Williams mengatakan, ini tidak biasa untuk peron kereta api berukuran penuh dengan penutup. Dia menambahkan, hanya itu yang tersisa di jalur tersebut. Di sisi bagian lain, Antony menyebutkan ada ruang sinyal yang diubah pasangan itu menjadi wisma mandiri.

“Kami benar-benar membangun kembali ruang sinyal. Sekarang menjadi paviliun satu kamar tidur dengan dapur di lantai pertama dan kamar tidur serta kamar mandi di lantai bawah,” kata Antony.

Di dalam rumah utama, banyak fitur asli stasiun kereta api yang masih bisa dilihat, mulai dari gerai dan lemari yang tersimpan di ruang kerja, kantor tiket lama hingga perapian dengan kompor di ruang tamu, yang merupakan tempat menunggu para wanita. Tangga utama mengarah ke kamar utama dan dua kamar tidur tambahan, sementara tangga kedua di ujung rumah akan membawa Anda ke kamar tamu dengan kamar mandi.

Namun kekayaan sejarah bangunan itulah yang benar-benar memikat. Perdana Menteri Winston Churchill menggunakan stasiun Droxford sebagai markasnya selama persiapan pendaratan Normandia pada Perang Dunia Kedua. Pada 4 Juni 1944, dua hari sebelum operasi militer yang sangat penting, Charles de Gaulle, pemimpin Prancis Merdeka yang diasingkan, mengunjungi Churchill di Droxford dan diberi tahu tentang rencana invasi Sekutu.

“Orang-orang terpesona olehnya. Dan berada di bagian dunia yang indah, berada di Taman Nasional South Downs. Saya bukan orang gila dan ini hanya properti yang indah dan unik. Seseorang akan melihatnya dan jatuh cinta padanya,” papar Antony.

George Clarendon, partner di Knight Frank Winchester, memasarkan Old Droxford Stationmengatakan, baru saja muncul di sana, nostalgia, suasana properti, ini adalah era yang sudah berlalu. Anda masuk ke dalam rumah dan itu seperti properti normal lainnya tetapi dengan beberapa fitur menyenangkan salah satunya adalahjendela kantor tiket.

“Di luar, di teras, Anda bisa duduk di sana dan menyadari bahwa itu adalah platform stasiun Anda bisa merasa seolah-olah sedang menunggu kereta,” kata Clarendon.

Baca juga: Anda Pecinta Harry Potter? Kudu Lamar Kerjaan yang Ditawarkan Oleh Operator Kereta Heritage Inggris Ini!

Garasi dua lantai dan ruang bengkel memiliki izin perencanaan untuk lantai pertama untuk digunakan sebagai kantor impian bagi seseorang yang ingin melanjutkan kebutuhan Covid untuk bekerja dari rumah. Bagi mereka yang mempertimbangkan untuk kembali ke perjalanan pada akhirnya, Antony mengatakan perjalanan mingguannya ke London memakan waktu sekitar satu jam dari stasiun Petersfield atau Winchester.

Leave a Reply