Biar Tak Bingung, Ini Panduan Pilih Taksi di Bandara

Ritual mencari moda transportasi jamak dilakukan para penumpang yang baru saja tiba di bandara tujuan. Selain pilihan bus dan kereta, opsi lain untuk meninggalkan bandara yakni menggunakan jasa taksi, dan opsi ini bisa dibilang masih yang dominan, terlebih di Indonesia. Namun faktanya, sebagian besar dari kita masih bingung, mau naik taksi yang mana?

Baca juga: Stiker “Taksi Bandara,” Apa Guna dan Manfaatnya Buat Penumpang?

Saat beranjak dari pintu keluar, biasanya terlihat warna warni taksi dari beragam operator. Khsusunya bagi Anda yang belum terlalu mengenal kota tujuan, memilih taksi mana yang tepat bisa bikin kepala pusing. Padahal yang ada dibenak Anda adalah cukup menggunakan taksi dengan tarif normal, nyaman, dan pastinya aman.

Dilansir KabarPenumpang.com dari ezinearticles.com, banyak penyedia taksi baru bermunculan di setiap sudut dan celah kota serta merayu penumpang dengan memberikan potongan harga yang sangat tinggi. Sayangnya, layanan taksi ini tidak menjamin keamanan dari penumpangnya. Bahkan banyak orang yang kehilangan nyawa dan terlibat dalam kecelakaan yang mengerikan saat memilih layanan taksi belum terkenal atau namanya tidak jelas. Hal inilah yang akhirnya membuat Anda berpikir ulang untuk memilih layanan taksi bandara dengan bijak. Berikut ini ada tips yang bisa membantu dalam memilih layanan taksi di bandara.

1. Memiliki kredibilitas bisnis
Sebelum menggunakan ataupun memesan taksi bandara dari penyedia layanan, baiknya teliti dan periksa dulu apakah perusahaan taksi tersebut memiliki kredibilitas dan reputasi di pasar transportasi. Pernah mendengar nama perusahaannya? Apakah perusahaan tersebut pemain lama atau pendatang baru yang hadir kembali dari masa lalu? Namun bila Anda lebih memilih keamanan yang jadi prioritas, baiknya gunakan taksi perusahaan yang namanya terkenal dan lupakan untuk meneliti kredibilitas dan reputasinya, karena sudah pasti bila terkenal memiliki hal baik.

2. Ulasan keselamatan
Biasanya setiap taksi yang memiliki nama pastinya sudah terkenal dengan ulasan keselamatannya. Apalagi setiap penumpang yang berangkat dari bandara masing-masing memiliki pilihan layanan taksi mereka sendiri. Ada kemungkinan mereka memberikan ulasan bagaimana taksi yang mereka tumpangi, jadi pandai-pandailah Anda untuk menguak informasi dari internet agar tidak salah pilih layanan taksi bandara.

Baca juga: Ternyata! Biaya Taksi di Jakarta Tidak Semahal di Negeri Tetangga

3. Kualitas pelayanan secara keseluruhan
Pilih layanan taksi yang mengantarkan mobilnya tepat waktu, pengemudi pun harus profesional dan sopan saat mengantar penumpang. Mereka juga harus mengikuti semua peraturan keselamatan dan peraturan saat mengemudi kendaraan. Bila terlihat mencurigakan, Anda bisa langsung melapor pada pihak taksi tersebut dan minta berhenti agar tidak terjadi apapun pada Anda.