Bikin Ketar-Ketir Penumpang, Inilah 6 Insiden Binatang Masuk ke Pesawat Tanpa Sengaja

0
Burung Myna di dalam kabin Singapore Airlines (BBC)

Insiden dalam penerbangan beragam macamnya. Beberapa melibatkan manusia, beberapa lainnya melibatkan binatang, seperti ular, burung, kalajengking, kucing, anjing, hingga kepiting.

Baca juga: Ngeri…! Di Makanan Kelas Satu Delta Airlines Ada Belatungnya!

Penjelasan soal adanya hewan atau binatang yang tak diperkenankan di dalam pesawat (masing-masing penerbangan) tak selalu bisa diterima dengan akal. Terkadang, binatang tersebut seperti penumpang gelap, datang tak dijemput, pulang tak diantar. Untuk itu, berikut redaksi KabarPenumpang.com himpun dari berbagai sumber, enam insiden binatang masuk ke kabin pesawat tanpa sengaja.

1. Burung Jalak di Kabin A380 

Burung Myna (Burung Jalak) masuk ke kabin Airbus A380 Singapore Airlines dan ikut terbang 12 Jam dari Singapira ke London. Peristiwa ini terjadi pada 7 Januari 2019. Dalam sebuah rekaman video, burung ini terlihat di atas sandaran kepala sebuah kursi kelas bisnis yang tidak ada penumpangnya. Sehingga tidak ada yang terganggu dengan kehadiran burung Myna ini. Tak hanya itu, dalam rekaman juga terlihat awak kabin yang mencoba menangkapnya.

Sayangnya burung Myna yang berada di dalam penerbangan Airbus A380-800 SQ322 tersebut tidak bisa tertangkap langsung alias menghindari tangkapan awak kabin. Namun akhirnya burung tersebut bisa ditangkap dengan bantuan beberapa penumpang dan memberikannya pada awak kabin.

Kemudian saat tiba di Bandara Heathrow, burung tersebut diserahkan kepada otoritas karantina hewan. Rekaman video burung tersebut sempat diunggah ke laman Facebook oleh penumpang yang merekamnya.

2. Ular

yukepo.com

Film “Snakes On A Plane” atau ular dalam pesawat rupanya telah menjadi kenyataan. Insiden hewan atau binatang dalam penerbangan Ravn Alaska rute Alaska-Rusia itu sudah barang tentu membuat heboh seisi pesawat.

Ular pertama kali dilihat oleh seorang penumpang bernama Anna McConnaughy. Dalam kesaksiannya, sebelum kejadian, pilot sempat mengumumkan bahwa ada ular yang terlepas. Namun tak diketahui secara persis posisi terakhirnya.

Akibat kemunculan ular sepanjang 4-5 kaki itu, pesawat terpaksa harus mendarat darurat di Meksiko. Beruntung, binatang yang tak masuk dalam daftar hijau hewan atau binatang yang diperbolehkan masuk ke dalam kabin itu, pada akhirnya tak sampai menimbulkan korban.

3. Kalajengking

Kalajengking di bagasi kabin Lion Air JT-293. Sumber: istimewa

Maskapai Indonesia rupanya tak mau ketinggalan dengan Air Transat terkait keterlibatan kalajengking di dalam kabin. Insiden tersebut terjadi pada Februari tahun lalu, dalam pesawat Lion Air Boeing 737-800NG.

Untungnya, kalajengking di pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan PK-LPK itu baru ditemukan tak lama setelah pesawat mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

4. Anak Ular Berbisa

Sumber: Malayala Manorama

Insiden ular masuk dalam kabin pesawat nyaris saja terjadi di India jika tidak digagalkan petugas. Awalnya penumpang menunjukkan gelagat aneh. Hal mengejutkan pun terjadi saat ia kedapatan membawa bayi ular berjenis Indian Krait, salah satu ular paling berbisa di India. Ular tersebut awalnya direncakan ingin dibawa ke Abu Dhabi.

Beruntung, karena rencana tersebut berhasil digagalkan, penerbangan pun jadi lebih aman dari ancaman ular berbisa.

5. Burung Hantu Masuk ke Kokpit

(Latestly.com)

Seekor burung hantu bertengger manis di kursi sang pilot dalam pesawat Jet Airways Boeing 777. Pesawat tersebut diketahui tengah parkir sejak semalam di Bandara Mumbai, India. Kemudian saat para teknisi yang saat itu tengah mengecek kesiapan pesawat, dikejutkan dengan penemuan seekor burung hantu yang duduk manis di kokpit Senin (4/2/2019) pagi.

Petugas yang biasa mengecek kesiapan pesawat untuk operasional sehari-hari mengatakan, buruh hantu bermata lebar dengan bulu putih bercampur krem tersebut bertengger nyaman di sebelah kursi pilot. Petugas bandara mengatakan, saat mereka mendekati burung itu untuk dilepaskan, tidak terlihat perlawanan dan tidak berisik.

Baca juga: Ngeri! Ada Sekrup dalam Hidangan Sup di First Class Singapore Airlines

Kala itu, pesawat diketahui tengah menjajaki rute Lahore-London. Pihak maskapai sendiri mengaku kecewa dan baru mengetahui hal itu dari sosial media, bukan dari pelanggan secara langsung dalam penerbangan.

6. Kepiting

Anjing dan kucing mungkin biasa dan pada umumnya termasuk hewan yang memang diperbolehkan berada dalam kabin. Namun, tidak demikian dengan kepiting. Tahun 2017 lalu, sebuah unggahan di YouTube menunjukkan adanya beberapa ekor kepiting yang berkeliaran. Hanya saja, bukan di dalam pesawat, melainkan di sebuah baggage carousel di sebuah bandara New York.

Leave a Reply