Bikin Panik! Pemuda Ini Berusaha Buka Pintu Darurat Yang Ia Kira Sebagai Pintu Toilet

Pintu Darurat Pesawat. Sumber: istimewa

Rasa takjub ketika pertama kali naik pesawat itu memang kadang tidak bisa dipungkiri. Bagi Anda yang belum pernah mengudara, bayangkan Anda terbang ribuan kaki di atas permukaan tanah, dan berbaur dengan awan di langit bebas – namun Anda tetap terlindungi di balik tebalnya dinding kabin. Dikhususkan bagi Anda yang belum pernah naik pesawat, satu pesan yang coba kami sampaikan melalui artikel ini adalah, “malu bertanya, sesat di jalan,”

Baca Juga: Pintu Kabin Terbuka Saat Mengudara, Mengerikan Tapi Bukan Akhir Dari Segalanya

Budayakanlah bertanya semisal ada pengalaman baru yang ‘menghampiri’ Anda, jangan seperti pemuda asal India yang disinyalir baru pertama kali naik si burung besi. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman thrillist.com (27/9/2018), seorang pria yang berusia sekitar 20 tahunan ini tengah dalam perjalanan dari New Delhi menuju Patna dengan menggunakan maskapai GoAir pada Sabtu (22/9/2018) kemarin.

Di tengah perjalanan, pemuda yang identitasnya dianonimkan ini kemudian mendapat ‘panggilan alam’ dan memaksanya untuk segera menggunakan toilet. Sebagai penumpang yang baru pertama kali naik pesawat, seharusnya ia menanyakan terlebih dahulu kepada penumpang yang ada di sekitarnya atau kepada awak kabin tentang lokasi dari toilet.

Mungkin karena sudah tidak kuat lagi, ia akhirnya berjalan menyusuri lorong kabin dan berbelok tepat di arah pintu darurat. Dilandaskan pada ketidaktahuannya, ia lalu berusaha untuk membuka pintu darurat yang disangkanya sebagai toilet tersebut. Sontak para penumpang yang melihat kejadian ini berteriak untuk mencegahnya membuka pintu darurat.

Saking panik dan takutnya, beberapa dari penumpang yang melihat kejadian ini langsung melakukan intervensi ketika si penumpang muda ini mencoba menjelaskan maksud dan tujuannya. Menurut keterangan resmi dari pihak GoAir, pemuda ini akhirnya menjelaskan tujuannya, “saya perlu pergi ke toilet sesegera mungkin,”

Namun penjelasan tersebut tidak membuat semua penumpang percaya begitu saja. Karena takut suatu hal yang buruk terjadi, seorang penumpang sampai memanggil awak kabin untuk turun tangan langsung menangani insiden konyol ini.

Baca Juga: Berakibat Fatal, Pintu Pesawat Terbuka (Lepas) Saat Mengudara

Selama sisa perjalanan, pemuda ini terus diawasi oleh awak kabin – dengan kondisi dirinya belum membuang hajat. Setibanya di Patna, pemuda ini langsung digelandang ke pos pengamanan untuk diinterogasi. Setelah melewati sejumlah pertanyaan dari pihak berwajib, akhirnya mereka menyimpulkan bahwa dia adalah penerbang baru yang sangat gugup dalam menghadapi penerbangan perdananya ini.

Selain dihimbau untuk selalu bertanya ketika dihadapkan pada situasi yang belum pernah kita jalani sebelumnya, poin penting lain yang bisa kita ambil dari kejadian ini adalah pentingnya memperhatikan peragaan awak kabin sebelum take-off – terutama bagi mereka yang belum pernah terbang sebelumnya.