Bingung Pilih Earphone atau Headphone? Pilih Earbud UE Dong!

UE Earbud. Sumber: Laptop Mag

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan sendiri terhadap dunia musik, mungkin Anda akan sedikit rewel ketika tengah dihadapkan pada pilihan earphone atau headphone. Kualitas suara yang dihasilkan, keseimbangan antara bass dan treble, hingga bentuknya menjadi tiga pertimbangan penting yang tidak luput dari perhatian para calon pembeli – walaupun pada akhirnya, semua kembali pada selera masing-masing pengguna.

Baca Juga: Smartsealz, Headset Berteknologi Augmented Reality, Sanggup Bantu Tugas Pilot!

Namun, tahukah Anda bahwa headphone memiliki risiko merusak sistem pendengaran lebih kecil ketimbang earphone? Ya, hal tersebut diungkapkan oleh Dr. Brastho Bramantyo Sp THT-KL (K), Divisi Neurotologi THT Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dalam sebuah pernyataan. “Itu lebih aman daripada yang menggunakan earphone,” ungkap Dr. Brastho.

Penjelasannya cukup sederhana – bentuk speaker earphone yang notabene lebih kecil daripada headphone ternyata dipaksa mengeluarkan intensitas suara yang hampir sama besarnya dengan headphone. Secara tidak disadari, ini akan berdampak pada sistem pendengaran kita cepat atau lambat.

Nah, lantas bagaimana dengan earbud? Secara kasat mata, earbud memiliki bentuk yang hampir mirip dengan earphone, namun kebanyakan earbud tidak menggunakan kabel (wireless) dan menggunakan bluetooth. Jika Anda menggunakan earbud ketika tengah mengudara, mungkin suara-suara lain seperti suara mesin dan penumpang lain akan tetap terdengar oleh Anda.

Tapi, jangan salah. Dikutip KabarPenumpang.com dari laman forbes.com (17/8/2018), adalah Ultimate Ears Customs (UE) yang mendesain earbud sedemikian rupa sehingga Anda dapat mendengarkan musik favorit Anda dengan kualitas suara ciamik walaupun Anda tengah berada di kabin pesawat. “Bisa dibilang, ini akan menjadi earphone terbaik yang pernah Anda masukkan ke dalam telinga. Earbud ini akan memberikan kenyamanan lebih dan suara superlatif dan tidak akan pernah jatuh dari telinga Anda,” tutur General Manager dari UE, Jonah Staw.

Baca Juga: Jurus Selamat Hindari Aksi Pencopetan di Moda Transportasi Massa

“Dengan disematkannya sistem peredam bising, hampir dapat dipastikan telinga Anda akan terisolasi 26 desibel dari gangguan dunia luar,” tandas Jonah. Tidak muluk-muluk, dengan pengalaman selama kurang lebih 25 tahun di dunia earphone, UE terus berusaha untuk meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkannya ini.

Jadi untuk urusan penggunaan earphone atau earbud yang akan mengganggu sistem pendengaran, nampaknya hal tersebut sudah sangat dipertimbangkan oleh perusahaan dan mereka menjamin bahwa penggunaan earbud UE ini aman – selama memperhatikan batas volume maksimal yang disarankan.