Bingung Pilih Kereta atau Pesawat Ketika Berlibur ke Eropa? Simak Ini!

0

Melancong ke Eropa bisa banyak mengunjungi negara-negara yang tersebar di benua ini. Untuk mengunjunginya pun Anda bisa menggunakan hampir semua moda transportasi baik darat maupun udara.

Baca juga: 10 Tips Menikmati Perjalanan dengan Kereta di Eropa

Namun karena berdekatan inilah yang membuat pelancong bingung, antara naik pesawat atau kereta api. Sebab banyak hal yang harus dipikirkan seperti waktu, dana dan lainnya ketika ingin berkeliling Eropa. KabarPenumpang.com merangkum thetravel.com, berikut ini alasan yang tepat memilih kereta api atau pesawat untuk berkeliling Eropa.

1. Pesawat lebih cepat dari kereta api
Tergantung dari mana Anda bepergian, tapi seringkali dengan pesawat lebih cepat daripada kereta api. Jika Anda punya waktu sedikit baiknya minimalkan waktu sebanyak mungkin. Tapi bila hanya menempuh jarak yang pendek lebih cepat untuk mengunakan kereta api dan menghindari menghabiskan waktu di bandara.

2. Kereta bisa menikmati pemandangan
Pemandangan dengan menggunakan pesawat hanya akan melihat awan dan pemandangan yang jelas akan terlihat ketika akan mendarat. Tetapi dengan kereta api, banyak pemandangan yang bisa dilihat diluar jendela. Pemandangan sawah, pedesaan atau pegunungan yang tertutup salju. Bahkan beberapa pelancong memilih kereta api hanya untuk menikmati pemandangan.

3. Bandara punya lebih banyak fasilitas daripada stasiun
Naik kereta tidak butuh waktu lama atau hanya menghabiskan waktu sedikit di stasiun. Apalagi fasilitas yang ada hanya sedikit bila dibandingkan dengan bandara. Sebab ketika menghabiskan waktu lama di bandara, pelancong bisa menikmati fasilitas yang disediakan untuk menunggu penerbangan meeka.

4. Tak perlu lewati keamanan ketat
Ketika naik kereta api, pelancong tak perlu melewati keamanan yang ketat seperti di bandara. Memang, masih ada pemeriksaan tetapi tidak seektrem bandara yang harus mengeluarkan semua cairan agar dipisahkan satu kantung transparan. Bila naik kereta, pemeriksaan keamanan pun cukup singkat.

5. Pesawat lebih murah untuk perjalanan jarak jauh
Secara umum untuk perjalanan jarak jauh, bepergian dengan pesawat lebih murah meskipun perjalanan singkat dengan kereta mungkin lebih murah, biasanya akan dikenakan biaya lebih banyak untuk bepergian dengan kereta jika Anda bepergian dari satu sisi Eropa ke yang lain.

6. Naik kereta api tidak ada biaya overweight atau kelebihan beban
Bila di kereta aturan terkait bagasi lebih santai dibanding pesawat. Ini terutama berlaku di kereta api di Eropa. Meski ada pembatasan bagasi di kereta tetapi tidak terlalu diperiksa ketat.

7. Pesawat punya ruang bagasi lebih besar
Meski ruang kursi untuk bergerak tidak besar, tetapi untuk barang, penumpang bisa meletakkannya di bagasi atas kepala. Bahkan tas tangan atau barang yang di jinjing masih bisa diletakkan di bawah kursi. Bila di kereta penumpang harus meletakkan barang di ruang penyimpanan koper dan terkadang warna koper atau tas banyak yang sama dan bisa membuat bingung.

8. Kereta Lebih Punya Fleksibilitas 
Kereta memiliki jenis kelas yang berbeda seperti pesawat, dimana kelas satu akan lebih nyaman dibanding kelas lain. Namun kereta memiliki ruang kaki dan kursi yang cenderung lebih luas sehingga ruang gerak lebih banyak.

9. Pesawat lebih aman
Transportasi udara lebih aman dibandingkan dengan yang lainnya. Meski langkah-langkah keamanan di bandara mengganggu, tetapi pada akhirnya membantu membuat perjalanan udara lebih aman. Perjalanan kereta api tidak memiliki prosedur penyaringan intens yang sama, jadi Anda harus bertanya-tanya apakah, dari sudut pandang keamanan, itu sama amannya dengan terbang.

Baca juga: Mau Cari yang Halal? Ini Dia Lima Destinasi Wisata di Eropa yang Muslim-Friendly

10. Kereta tidak tertunda cuaca
Penerbangan kerap kali terganggu dan salah satu faktornya adalah cuaca sehingga penumpang terlambat untuk berangkat. Tapi untuk kereta sepertinya kemungkinan terlambat karena faktor cuaca sangat kecil meski ekstrem.

Leave a Reply