Blue Bird Gunakan Mobil Listrik Tesla untuk Armada Taksi Terbaru

0
(Carmudi)

Blue Bird, salah satu operator taksi terbesar di Indonesia akan memperkenalkan armada barunya. Armada baru tersebut adalah mobil listrik untuk kendaraan operasional operator taksi berlambang burung biru ini.

Baca juga: Spektakuler! Sedan Tesla Mampu Derek Dreamliner Qantas Sejauh 300 Meter

Kehadiran dan penggunaan taksi listrik ini sendiri, Blue Bird berkomitmen untuk melakukan inovasi seiring perkembangan teknologi guna memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Sebelum di perlihatkan kepada Indonesia, beberapa foto armada taksi tersebut dengan mobil listrik milik Tesla di media sosial sudah tersebar.

Model yang digunakan untuk taksi listrik ini adalah S 75 D dan berbeda dari penampakan armada sebelumnya yang tersebar di media sosial beberapa waktu lalu dengan menggunakan mobil listrik Cina merek BYD. Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, mobil Tesla ini akan ada pada armada Silverbird yang lebih eksklusif.

Penggunaan taksi listrik sendiri menjadi langkah awal dan wujud nyata kontribusi Blue Bird pada kelangsungan lingkungan hidup di Indonesia khususnya. Mobil Tesla ini sendiri berjenis Hatchback dan bukanlah hal baru lagi di beberapa negara Eropa.

Sebab, Belanda sudah menjadikan mobil jenis ini untuk digunakan oleh Uber sebagai armada taksi online. Mobil ini terlihat sepasang head lamp LED yang dibekali dengan Auto-Dimming High Beams.

Bila ditelisik dari teknologinya, lampu ini akan menyala secara otomatis ketika suasana jalan gelap. Tidak ada gril pada fascia depan mobil, desainnya hanya dibuat memancung dan ada lubang angin di bemper depan. Mobil ini dibekali dengan pelek berukuran 20 inci sehingga tampak sporty.

Sementara itu bagian belakang terdapat rear combination stop lamp berdesain futuristik, sepertinya juga sudah menggunakan teknologi LED. Bagian bemper belakang terdapat reflektor yang memunculkan kesan sporty.

Tesla Model S 75D berdasarkan spesifikasi mampu menempuh jarak 390 kilometer dalam sekali pengisian daya. Mobil ini mampu berakselerasi dari diam hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 4,4 detik dengan kecepatan maksimal 225 kilometer per jam.

Tenaga dari motor listriknya hadir sebesar 333 PS dan torsi 525 Nm. Mobil ini menggunakan baterai berkapasitas 75 kWH dengan pengisian daya menggunakan kabel tipe 2. Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya dari kosong hingga penuh adalah 5 jam 15 menit.

Baca juga: Bulan Depan, Tesla Siap Tampilkan Truk Besar Bertenaga Semi Elektrik

Sebelumnya, melalui informasi dari Kementerian Perhubungan diketahui Blue Bird sudah melakukan uji coba untuk armada taksi listriknya BYD. Untuk Tesla, diketahui Blue Bird juga sudah memasang instalasi fast charging untuk pengisian daya armada taksi listriknya tersebut.

Leave a Reply