Blue Bird Siap Datangkan 200 Unit Van Listrik di Dua Wilayah, Mana Saja?

0
sumber: BYD

Operator taksi terbesar di Indonesia, Blue Bird Tbk. dikabarkan baru saja melakukan pesanan 200 unit armada van T3 fully electric dari produsen kenamaan asal Negeri Tirai Bambu, BYD. Jika tidak ada aral melintang, maka kelak taksi-taksi berbentuk van ini akan beroperasi di Ibukota Jakarta dan Pulau Dewata Bali. Ada satu poin unik dari pemesanan ini, yaitu ini merupakan jumlah pesanan terbesar dalam sejarah taksi listrik di Indonesia dan juga catatan rekor penjualan van listrik terbesar ke luar Cina untuk BYD.

Baca Juga: Mulai Beroperasi Mei 2019, Inilah Tarif Taksi Listrik Blue Bird

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman cleantechnica.com (10/12), nantinya van listrik ini akan bergabung dengan armada BYD lainnya yang sudah terlebih dahulu beroperasi di Indonesia sejak beberapa bulan ke belakang.

“Dalam beberapa bulan terakhir, 25 unit taksi e6 kami telah menempuh total 2 juta kilometer di Jakarta. Ini sama dengan mengelilingi bumi 50 kali!” ujar Liu Xueliang, manajer umum divisi penjualan BYD untuk Asia Pasifik.

Menilik ke dalam calon moda pengangkut anyar di Indonesia ini, fully electric T3 van ini sendiri dilengkapi dengan tujuh bangku penumpang dan memboyong asa besar bagi transportasi di Indonesia – mengurangi emisi karbon dioksida hingga 8.290 ton. Jika angka tersebut polusi tersebut sudah berhasil ditekan, maka kualitas udara di Indonesia akan berangsur membaik. Itu baru dari 200 unit moda listrik saja, dapatkah Anda membayangkan jika semua kendaraan bermotor di Indonesia juga ditenagai oleh listrik?

Untuk pembagiannya, nanti akan ada 150 fully electric T3 van yang beroperasi di Jakarta, sedangkan 50 sisanya akan dioper ke Bali.

Baca Juga: BYD K9 – Inilah Bus Listrik untuk Koridor 13 TransJakarta

Untuk diingat kembali, BYD memang seolah tengah menggenjot pasar Indonesia sepanjang tahun 2019 ini. Masih lekang dalam ingatan dimana pada perhelatan Busworld Southeast Asia awal tahun ini, BYD menandatangani MoU dengan operator BRT kenamaan Ibukota, TransJakarta untuk mengeksplorasi kemungkinan kerja sama di antara kedua belah pihak.

Diharapkan dengan kerja sama yang terjalin antara Blue Bird dan BYD ini dapat menjadi satu titik balik sektor transportasi dalam negeri – dimana para pemangku kepentingan terkait mampu mereduksi tingkat polusi yang ada.

Leave a Reply