“Blue Carpet,” Solusi Futuristik Atur Antrian dan Jaga Jarak Saat Boarding di Bandara

0
Bandara Belanda Memperkenalkan Sistem Antrian Berdasarkan Nomor Kursi (ladbible.com)

Boarding adalah fase yang krusial saat proses keberangkatan pesawat, tak jarang boarding mengakibatkan antrean yang panjang. Selain mengurangi kenyamanan penumpang, maskapai juga dirugikan dengan makin lamanya waktu boarding. Terlebih di masa pandemi, prosesi boarding harus dibuat secermat mungkin, mengingat ada aturan untuk menjaga jarak dalam antrian.

Baca juga: Dikira ‘Fake Taxi’ untuk Film Porno, Seorang TikToker Buat Video Penjelasan

Sebuah solusi unik dan futuristik belum lama ini diperlihatkan dalam video TukTok di salah satu bandara di Belanda. Dalam video di TikTok, sistem tersebut menampilkan nomor kursi penumpang di lantai melalui sebuah proyektor dan penumpang kemudian mengikuti proyeksi saat bergerak. Hal ini kemudian menghasilkan prosesi yang tepat waktu dan teratur dari ruang tunggu menuju ke pesawat. KabarPenumpang.com melansir ladbible.com (25/2/2021), perusahaan yang meluncurkan inovasi ini adalah maskapai penerbangan Latin Azul Airline.

@crosscheck_de

Lets Board the Plane. #airline #airport #traveltheworld #fy #avgeek

♬ Originalton – Crosscheck_de

Mereka mengumumkan uji coba Blue Carpet tersebut tahun lalu untuk diterapkan di Bandara Curitiba Alfonso Pena di Brasil. Selain itu maskapai tersebut juga meluncurkan sistem proyektor di 17 bandara lain, dengan tujuan menyediakan teknologi tersebut di 100 gerbang keberangkatan, yang mewakili 70 persen lalu lintas domestik Azul.

Blue Carpet menggunakan teknologi WaveMaker Pacer Tecnologia, yang memungkinkan penumpang untuk berbaris dalam antrean dengan jarak sosial dan dalam jumlah waktu yang tampaknya berkurang daripada yang akan mereka lakukan dalam situasi boarding normal. Maskapai ini mengklaim bahwa mereka dapat mengurangi waktu naik pesawat hingga 60 persen.

Solusi ini secara cerdas mengelompokkan penumpang sedemikian rupa sehingga mereka dapat naik pesawat tanpa bentrok dengan kelompok lain.  cara ini menghasilkan proses naik pesawat yang jauh lebih nyaman, dengan penumpang menghabiskan lebih sedikit waktu baik berdiri maupun duduk menunggu lepas landas. Situs tersebut mengklaim bahwa Blue Carpet dapat mengurangi waktu boarding dari 21 menit, di bawah sistem baris pertama datang pertama dilayani, menjadi hanya tujuh menit menggunakan teknologi mereka, yang tentunya terdengar bermanfaat bagi penumpang yang menemukan sifat yang sering kacau dari panggilan di gerbang yang agak membuat stres.

Hal ini juga memungkinkan jarak sosial yang aman dari pandemi dalam antrian, dengan penumpang didorong untuk tetap pada proyeksi tempat duduk mereka menjadi perkembangan penting pada saat kontak sosial kemungkinan akan tetap menjadi topik diskusi utama untuk semua industri perjalanan bahkan ketika pandemi Covid-19 saat ini. Dengan semua itu, reaksi terhadap video TikTok sangat beragam, dengan beberapa orang mempertanyakan mengapa Anda menempatkan kelas satu di pesawat terlebih dahulu, sementara yang lain melihatnya sebagai bentuk kontrol lebih lanjut.

Baca juga: Pramugari ini Bikin Video TikTok Tentang ‘Kotornya’ Air Panas di Dalam Kabin

“Mengapa mereka tidak naik baris terakhir dulu dan seterusnya?” salah satu pengguna TikTok bertanya.

Orang lain memiliki kekhawatiran yang berbeda, dengan marah: “Kami tidak bisa mencuri kursi lagi ???”

LEAVE A REPLY