BlueBird dan MRT Jakarta Sepakat Lakukan Studi Integrasi Layanan dalam Enam Bulan

Dalam tenggat enam bulan kedepan, tim yang dibentuk PT MRT Jakarta dan PT Blue Bird akan melakukan studi atas Pengembangan Layanan Transportasi Terintegrasi Serta Pemesanan dan Pembayaran Tiket MRT Jakarta Bagi Pengguna MRT Jakarta dan Bluebird. Hal tersebut disekapati dalam Nota Kesepahaman (MoU) antara kedua perusahaan di Kantor Pusat PT MRT Jakarta, Gedung Wisma Nusantara, Rabu (3/7/2019).

Baca juga: Ketika Oversupply, Armada Taksi Blue Bird Nantinya Tawarkan Jasa Antar Barang

Sebagaimana sebuah studi, Penandatanganan Nota Kesepahaman ini bertujuan agar kedua belah pihak bersama-sama menjajaki rencana studi terkait dengan pengembangan layanan transportasi terintegrasi untuk konektivitas first and last mile menuju layanan MRT Jakarta. “Konkritnya seperti kemungkinan untuk membangun tempat tunggu atau tempat menaikkan dan menurunkan penumpang di area sekitar stasiun MRT Jakarta,” ujar Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar kepada KabarPenumpang di Stasiun Dukuh Atas.

Selain itu, melalui Nota Kesepahaman ini pula dapat dilakukan studi skema layanan transportasi dengan moda transportasi lain di luar MRT Jakarta dan Bluebird.

Sementara Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Noni Sri Ayati Purnomo mengatakan, “Kami sangat antusias dalam menjajaki kerjasama dengan pihak MRT Jakarta. Kami yakin dengan kompetensi yang dimiliki oleh kedua belah pihak sebagai penyedia transportasi yang aman, nyaman dan efisien, kerjasama ini akan melengkapi konektivitas dan akses dari layanan jasa masing-masing sebagai transportasi yang saling terintegrasi.”

 

View this post on Instagram

 

Kalau kamu turun di Stasiun MRT #dukuhatas dan #lebakbulus maka sudah langsung disambut #taksibluebird @bluebirdgroup @mrtjkt

A post shared by KabarPenumpang.com (@kabar.penumpang) on

Dalam catatan tertulis yang diterima KabarPenumpang.com, disebutkan ruang lingkup kerja sama antara MRT Jakarta dan BlueBird mencakup:

1. Melakukan studi skema pick up dan drop off taksi bagi pelanggan MRT Jakarta untuk mengurangi kemacetan dan memberikan solusi untuk optimalisasi antara kebutuhan
penumpang dan ketersediaan taksi Bluebird;

2. Melakukan studi skema kerjasama konektivitas last mile & first mile bagi pelanggan MRT Jakarta dan Bluebird, termasuk tempat tunggu bagi Pelanggan Bluebird sebagai tempat drop off dan pick up Taksi dari dan/atau ke stasiun MRT Jakarta;

3. Melakukan studi skema layanan transportasi terintegrasi (Multi Moda) dengan pihak lain secara menyeluruh sebagai salah satu bagian dari ekosistem transportasi di Indonesia;

Baca juga: Garap TOD di Stasiun Layang, MRT Jakarta Siap Bangun Transit Plaza di Lebak Bulus

4. Melakukan studi skema penjualan tiket MRT Jakarta melalui program-program seperti aplikasi dan kanal lain yang dimiliki MRT Jakarta dan Bluebird.