BlueFilter, Teknologi Penyaring Virus dan Bakteri di Gerbong Kereta Api

0
ilustrasi kereta (alankandel.scienceblog.com)

Masa pandemi Covid-19 yang kini masih berlangsung, sepertinya membuat banyak orang masih berpikir panjang untuk menggunakan transportasi umum. Ini juga terkait sirkulasi udara di dalam transportasi umum itu sendiri apakah baik atau tidak.

Baca juga: HEPA, Teknologi yang Mampu Bersihkan Radioaktif hingga Virus Corona di Dalam Kabin Pesawat

Karena hal tersebut, baru-baru ini Wabtec Corporation dari Pittsburg, Amerika Serikat,  menghadirkan inovasi penyaring udara yang disebut dengan BlueFilter. BlueFilter sendiri akan membuat lingkungan yang bersih dan sehat bagi penumpang yang ada di gerbong kereta api.

Sebelum diluncurkan filter ini diuji TUV yang terus menerus membuat metro dan kereta api memiliki udara segar dan bersih dengan menghilangkan lebih dari 90 persen kontaminan per sikklus udara. KabarPenumpang.com melansir dari laman alankandel.scienceblog.com (4/6/2020), Presiden Bisnis Transit Wabtec, Lilian Leroux mengatakan, otoritas transit di seluruh dunia menghadapi tantangan yang luar biasa ketika pandemi menghilang dan kehidupan mulai kembali normal.

“Mereka mencari solusi yang meningkatkan keselamatan, meningkatkan kualitas udara, dan meyakinkan penumpang mereka akan lingkungan yang bersih di gerbong kereta. BlueFilter memberikan operator transit yang percaya diri dengan secara dramatis mengurangi kontaminan dalam gerbong dibandingkan dengan filter standar saat ini,” ujar Lilian.

Dia mengatakan, desain BlueFilter ini menghilangkan kontaminan yang berukuran 0,1 hingga seribu mikrometer yang termasuk dengan alergen, bakteri, berbagai debu dan virus. Bila dibandingkan dengan filter standar yang ada saat ini, biasanya hanya mampu menghilangkan partikel yang berukuran antara sepuluh hingga seribu mikrometer.

Filter standar hanya mencakup kontaminan seperti serbuk sari, sebagian besar debu dan beberapa bakteri atau bisa dikatakan tidak sama yang bisa dicakup oleh BlueFilter. Lilian menambahkan, fitur ini memungkinkan operator untuk segera meningkatkan kualitas udara bagi penumpang dan karyawan mereka.

“BlueFilter dirancang untuk instalasi dan aplikasi yang mudah pada sistem HVAC saat ini, yang meminimalkan waktu yang dibutuhkan untuk menambahkan inovasi keselamatan penting ini ke armada operator,” jelasnya.

Baca juga: Pastikan Keamanan, Boeing dan Airbus Pelajari Risiko Sebaran Virus Corona di Pesawat

BlueFilter telah diuji oleh dua laboratorium independen, termasuk TÜV North Group. Selain itu, Wabtec bermitra dengan operator transit untuk menguji produk di lapangan. Pengujian menunjukkan bahwa BlueFilter memberikan operator transit lingkungan yang sehat dan aman untuk armada mereka tanpa memengaruhi kinerja HVAC. Ini adalah terobosan kualitas udara untuk industri kereta api saat pengendara kembali ke kereta komuter.

Leave a Reply