Boeing 747-400 Eks KLM “City of Bangkok” Bakal Menjadi Daya Tarik Hotel di Amsterdam

Boeing 747 KLM. Sumber: Aviation Voice

Jika Anda tengah merencanakan liburan dan mencari sesuatu yang unik untuk dilakukan di Amsterdam, Belanda, mungkin ada baiknya Anda untuk memasukkan hotel unik ini ke dalam list itinerary Anda. Alih-alih memiliki desain arsitektur yang unik atau pelayanan yang prima, Corendon Village Hotel menggunakan Boeing 747-400 sebagai daya tariknya. Yang dipilih adalah Boeing 747-400 eks KLM dengan registrasi PH-BFB yang kondang dengan nama pada livery-nya “City of Bangkok.”

Baca Juga: Di Bahrain, Bakal Ada Sosok Boeing 747 di Bawah Permukaan Laut

Sebagaimana yang dirangkum KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, Boeing 747 milik KLM ini dipindahkan dari Bandara Internasional Schiphol Amsterdam menuju sebuah hotel yang letaknya tidak terlalu jauh dari bandara tersebut. Armada ini, yang telah memasuki masa pensiunnya dari dunia kedirgantaraan global, harus berjalan sejauh 7,8 mil atau yang setara dengan 12,5 km sebelum tiba di tempat ‘peristirahatannya yang terakhir’.

Menurut laporan dari Associated Press, setibanya Boeing 747 tersebut di hotel, sang pemilik hotel langsung mengambil alih hak milik dari pesawat tersebut dan menggunakannya sebagai sarana untuk menarik tamu hotel.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Boeing 747 merupakan salah satu pesawat penumpang berukuran besar yang dilengkapi oleh dua dek kabin. Ini memungkinkannya untuk mengangkut lebih banyak penumpang ketimbang armada lain yang hanya memiliki satu dek kabin. Tergantung pada versinya, Boeing 747 dapat mengangkut antara 416 penumpang dan 660 penumpang. Berat dari armada ini sendiri mencapai 150 ton.

Terang saja, memindahkan sebuah pesawat dengan berat yang fantastis tersebut bukanlah perkara mudah. Menurut laporan, para petugas yang terjun langsung dalam pemindahan armada Boeing 747 ini perlu meletakkan sejumlah plat baja di atas ladang guna memudahkan mereka untuk memindahkan pesawat tersebut. Lebih lanjut, seorang juru bicara mengatakan bahwa mereka akan menutup sejumlah ruas jalan pada hari Jumat (8/2/2019) guna melancarkan proses pemindahan si burung besi ini.

Baca Juga: Peringati Ultah ke-100, British Airways ‘Dandani’ Boeing 747-400 dengan Livery BOAC

Hingga berita ini diturunkan, pihak hotel masih enggan berkomentar mengenai rencana apa yang selanjutnya akan dilakukan terhadap armada Boeing 747 milik KLM ini – apakah hanya dipajang begitu saja, atau mungkin akan dipermak menjadi sebuah hotel? Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya!