Peringati Ultah ke-100, British Airways ‘Dandani’ Boeing 747-400 dengan Livery BOAC

Boeing 747 milik British Airways pada 7 April 1971 tengah melintas di atas Inggris. Sumber: usatoday.com

Maskapai asal Inggris, British Airways rencananya akan memoles ulang salah satu armada Boeing 747-400-nya dengan livery retro yang pernah mereka gunakan pada tahun 60-an. Diketahui, ini merupakan bagian dari upaya untuk memperingati ulang tahun perusahaan yang ke-100. Pihak British juga kabarnya akan memoles sejumlah pesawat lain dalam skema vintage, namun tidak untuk saat ini. Salah satu juru bicaranya mengatakan, “rincian lebih lanjut tentang model ini akan terungkap pada waktunya kelak.”

Baca Juga: Ada DC-9 Berlivery Klasik di Hanggar Garuda Maintenance Facility, Buat Apa Ya?

Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman usatoday.com (21/1/2019), dari sekian banyak armada yang bernaung untuk British Airways, Boeing 747-400 lah yang mendapat kehormatan untuk ‘didandani’ pertama kali. Desain yang akan digunakan adalah British Overseas Airways Corporation (BOAC), yang amat dikagumi oleh banyak orang. BOAC merupakan perusahaan pendahulu British Airways – liverynya hanya digunakan mulai tahun 1964 hingga 1974.

Jika tidak meleset, armada dengan nomor registrasi G-BYGC ini akan meninggalkan ‘bengkel permak’ yang ada di Dublin, Irlandia pada 18 Februari mendatang. Sehari berselang, rencananya pesawat dengan tampilan retro tersebut akan memasuki masa operasinya.

“Ini bertepatan dengan peringatan ke-50 tahun penerbangan perdana Boeing 747 yang jatuh beberapa hari sebelumnya – ketika pesawat masih dicat ulang,” tutur salah satu juru bicara dari Boeing.

Untuk semua armada baru yang masuk ke dalam tubuh maskapai ini akan tetap mendapatkan desain livery British Airways, namun CEO Alex Cruz mengatakan bahwa hanya ada beberapa armada saja yang dihiasi oleh livery retro. Setidaknya, lanjut Alex, ini merupakan cara yang ditempuh pihak British untuk mengakui sejarah yang telah menghiasi tubuh maskapai yang berbasis di Harmondsworth ini.

“Di luar sana ada begitu banyak pelanggan dan kolega British Airways memiliki kenangan indah bersama kami – terlihat dari cara mereka membagikan foto-foto livery klasik kami. Dari situ, kami berinisiatif untuk kembali membawa kenangan indah tersebut, salah satunya adalah desain klasik BOAC,” tutur Alex dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca Juga: Angkut Giant Panda, Garuda Indonesia Dandani Airbus A330 dengan Tema dan Livery Khusus

“Sejarah telah membentuk diri kita di masa yang sekarang ini, jadi rasanya sangat tepat bagi kami untuk membawa kembali warisan tersebut di ulang tahun perusahaan yang ke-100,” tandasnya.

Rencananya, armada Boeing 747 berlivery khusus ini akan mengudara hingga tahun 2023. Sedangkan untuk 3 lusin armada Boeing 747 yang masih tergabung di dalam tubuh British Airways diperkirakan akan sepenuhnya pensiun pada awal 2024.