Boeing 747 Berusia 32 Tahun Masih Dioperasikan Komersial oleh Mahan Air

0
Mahan Air masih operasikan Boeing 747 (aerotime.aero)

Boeing 747 pertama kali diperkenalkan ke pasar penerbangan global pada tahun 1966. Namun apakah jumbo jet tertua untuk penerbangan jarak jauh ini masih beroperasi hingga kini? Sebab banyak dari varian Boeing 747 ini yang sudah purna tugas dan sudah dialih fungsikan.

Baca juga: Dapat Dilintasi Boeing 747, Bandara Gatwick Punya Jembatan Penghubung Antar Terminal Terbesar di Dunia

KabarPenumpang.com dari aerotime.aero (6/7/2021), ternyata Queen of the Skies tertua ada yang masih digunakan untuk mengangkut penumpang oleh maskapai komersial Mahan Airlines. Maskapai ini menggunakan Boeing 747-400 berusia 32 tahun. Di mana jumbo jet ini awalnya dipesan oleh maskapai United Airlines milik Amerika Serikat.

Pabrik Boeing mengirim pesawat berbadan besar tersebut dan kemudian didaftarkan sebagai N172UA, ke maskapai tersebut pada Agustus 1989, di mana pesawat itu melayani operasi komersial jarak jauh hingga Oktober 2006. Setelah terbang untuk maskapai besar Amerika selama 17 tahun, jumbo jet ini diambil alih oleh maskapai berbendera Armenia Blue Sky Airlines dan diberi nomor registrasi baru G-CEFD.

Dalam sebulan, pesawat itu sudah didaftarkan ulang sebagai EK-74763 dan mulai beroperasi untuk maskapai penerbangan swasta milik Mahan Airlines yang berbasis di Teheran. Pemilik Armenia akhirnya menjual pesawat ke Mahan Air pada Februari 2009 dan jet itu didaftarkan ulang untuk keempat kalinya, menerima nomor registrasi baru EP-MNB.

Selama dimiliki Mahan Airlines, Boeing 747 pernah dimasukkan ke dalam penyimpanan jangka panjang dan berhenti beroperasi selama sembilan tahun sejak 2010, akibat sanksi yang diterapkan Amerika Serikat, namun kembali beroperasi aktif pada September 2019. Pesawat mulai terbang rute domestik reguler di seluruh Iran, termasuk layanan antara Teheran Mehrabad ke Masyhad, Baghdad dan Kish.

Tetapi, maskapai Iran tersebut ingin melepas jumbo jet ini dan kemungkinan akan segera mendapat pendaftaran baru 9G- milik maskapai Afrika Smile Air. Jumbo jet ditandai sebagai sudah dipesan tetapi “belum diambil”, menunjukkan bahwa pesawat dapat diserahkan kepada pemilik baru dalam waktu dekat.

Meskipun Mahan Airlines masih menerbangkan Boeing 747 tertua yang didedikasikan untuk operasi penumpang komersial, ada lebih banyak maskapai penerbangan yang mengoperasikan jenis jet untuk tujuan yang berbeda. Angkatan Udara Iran dan Angkatan Udara Amerika Serikat adalah dua pemilik kelompok Ratu Langit tertua yang masih terbang.

Yang mana Angkatan Udara Iran mengoperasikan jumbo jet yang berusia lebih dari 50 tahun itu untuk operasi penumpang non komersia. Pesawat dengan nomor registrasi N93113 pada saat itu, digunakan untuk menerbangi rute maskapai besar Amerika Trans World Airlines sejak Oktober 1970.

Kemudian, pada Maret 1975, diubah menjadi kapal barang dan diambil alih oleh Angkatan Udara Iran dua bulan kemudian. Sejak tahun 1975, jet jumbo telah melayani operasi pemilik baru. Angkatan Udara Amerika Serikat juga memiliki empat Boeing 747 tertua yang beroperasi.

Keempat Queens of the Skies adalah varian -200 dan usia mereka bervariasi dari 48 tahun dalam pelayanan hingga 46 tahun dalam pelayanan. Pemerintah Amerika Serikat menjadi satu-satunya pemilik keempat pesawat tersebut. Jumbo jet berusia 48 tahun, terdaftar sebagai 73-1676, telah menerbangkan penerbangan pemerintah sejak Juli 1973.

Baca juga: Maskapai Mana yang Paling Lama Operasikan Boeing 747?

Pesawat 73-1677 berusia 47 tahun bergabung dengan armada pada Oktober tahun yang sama. 74-0787 milik pemerintah, yang saat ini menghitung lebih dari 47 tahun dalam operasi aktif, dikirim ke negara bagian pada Oktober 1974. Yang termuda dari empat, 75-0125 yang berusia 46 tahun, mulai beroperasi pada Agustus 1975.