Boeing 747 British Airways Disulap Jadi Museum dan Bioskop

0
Livery negus legendaris Boeing 747 British Airways. Foto: YouTube

Sebuah pesawat Boeing 747 British Airways (BA) dikabarkan bakal segera disulap jadi bioskop. Tak hanya itu, pesawat dengan nomor registrasi G-CIVB tersebut nantinya juga bakal dijadikan berbagai fungsi, mulai dari tempat meeting, konferensi, agenda pribadi bersama keluarga, hingga museum, sebagai wadah pembelajaran atau pengenalan ke anak-anak tentang pesawat (edu wisata).

Baca juga: Keren, British Airways Manjakan Penumpang dengan Kursi Roda Otonom Keliling Bandara hingga Boarding

Dilansir aerotime.aero, untuk menandakan pesawat yang diputuskan pensiun gegara penerbangan sepi akibat pandemi Covid-19 ini, livery negus legendaris yang pernah digunakan pesawat supersonik Concorde mau tak mau akan ditanggalkan, diganti dengan corak lain yang lebih relevan dengan fungsi baru pesawat.

Boeing 747 G-CIVB BA merupakan satu dari empat pesawat yang dicat livery negus. Selain itu, G-CIVB British Airways juga menjadi salah satu dari dua Boeing 747 yang melakukan penerbangan terakhir secara simbolis di Bandara Heathrow (LHR) pada 8 Oktober 2020 lalu, sekalipun pada akhirnya perayaan prestisius menandakan 50 tahun Boeing 747 bersama BA harus berantakan akibat hujan deras disertai angin kencang.

Boeing 747 G-CIVB British Airways nantinya akan ditempatkan secara permanen di Bandara Cotswold (GBA) di Gloucestershire, sebelah Barat London, Inggris. Pesawat tersebut untuk sementara waktu berada di bawah pengawasan pihak bandara, sambil disulap oleh pihak ketiga, bekerjasama dengan pihak bandara.

Setelah interior selesai disulap, pesawat akan dijadikan museum sebagai wadah wisata edukasi untuk anak-anak. Tak hanya itu, Boeing 747 BA juga akan dijadikan sebagai ruang konferensi, meeting, bioskop, dan private room.

Menariknya, sebagian besar uang masuk dari hasil bisnis di atas akan disumbangkan untuk kesuksesan airport‘s aviation-related scholarship program for students, program khusus untuk mengenalkan anak-anak dengan dunia penerbangan. Tujuannya, tentu saja agar dunia penerbangan terus diminati di masa mendatang dan terus berlangsung untuk mendukung kelangsungan hidup banyak orang.

Baca juga: Usai Keliling Dunia, Bagaimanakah Nasib Ed Force One Boeing 747 Iron Maiden?

“Ini adalah berita bagus bagi penduduk lokal dan pengunjung yang akan dapat melihat dan merasakan salah satu pesawat penumpang paling ikonik pada masanya,” kata Suzannah Harvey, CEO Bandara Cotswold.

Meskipun belum ada kepastian tanggal kapan museum pesawat Boeing 747 British Airways di Inggris bakal dibuka, pihak bandara memperkirakan hal itu akan dimulai pada musim semi 2021 mendatang, atau sekitar akhir Maret – Juni.

Leave a Reply