Boeing 767, Pesawat Widebody dengan Lebar ‘Terkecil’ di Dunia

0
Boeing 767 Delta Airlines. Foto: v1images Aviation Media

Setelah sebelumnya mengupas tuntas pesawat jet komersial terpendek di dunia, kali ini, redaksi akan membahas seputar pesawat widebody dengan lebar terkecil di dunia. Adakah di antara pembaca sekalian yang bisa menebak, sebaik Anda menebak pesawat komersial terbesar serta pesawat komersial terpanjang di dunia?

Baca juga: Pesawat Jet Komersial Terpendek di Dunia Rupanya Warisan Jerman Barat

Sebelum membahas lebih lanjut terkait hal itu, mungkin ada baiknya mengupas tuntas terlebih dahulu definisi pesawat widebody itu sendiri.

Dilansir alternativeairlines.com, widebody atau pesawat berbadan lebar adalah pesawat yang mampu mengangkut penumpang dalam jumlah besar. Umumnya, pesawat berbadan lebar digunakan untuk rute-rute jarak jauh ataupun menengah, baik penumpang maupun kargo, sekalipun ada juga maskapai yang menggunakan widebody untuk jarak pendek, salah satunya Emirates yang mengoperasikan rute terpendek A380 di dunia.

Dari segi jumlah penumpang, umumnya widebody mengangkut antara 200-850 penumpang dengan konfigurasi tiga kelas ataupun full ekonomi. Untuk konfigurasi full ekonomi, formasinya berbeda-beda, bergantung pada kebijakan masing-masing, entah 2-3 -2, 3-3-3, atau 3-4-3.

Pesawat widebody juga diartikan sebagai pesawat dengan dua lorong, sekalipun hanya memiliki dua mesin, yang mematahkan pendapat dimana widebody diartikan sebagai pesawat dengan empat mesin. Sedangkan dua ataupun satu tingkat, hal itu tidak menjadi acuan sebuah pesawat disebut widebody. Lagi pula, pesawat widebody dua tingkat jumlahnya tak banyak.

Selain Airbus dan Boeing, di dunia, ada begitu banyak pabrikan yang memproduksi pesawat widebody, mulai dari Lockheed, Ilyushin, McDonnell Douglas, dan CRAIC, perusahaan patungan antara COMAC Cina dan Rusia United Aircraft Corporation.

Rata-rata dari pabrikan di atas, widebody yang diproduksi memiliki lebar pesawat sekitar 5 m, seperti Boeing 777X seluas 5.94 m, Airbus A350 5.61 m, Lockheed L-1011 5,77 meter, Ilyushin IL-96 5,70 meter, McDonnell Douglas DC-10 5.69 meter, dan CRAIC CR929 -yang diperkirakan bakal terbang pada 2023- seluas 5,61 meter.

Baca juga: Stratolaunch, Pesawat dengan Sayap Terlebar di Dunia Sukses Terbang Perdana

Di luar itu, Airbus dan Boeing punya pesawat jumbo dengan lebar lebih dari enam meter. Pesawat komersial terbesar di dunia buatan Airbus, A380 sejauh ini menjadi pesawat widebody dengan lebar terbesar mencapai 6,54 meter. Adapun Queen of the Skies Boeing 747 tak terpaut jauh, dengan luas mencapai 6,10 meter.

Kebalikan dari A380 dan Boeing 747, pesawat widebody dengan lebar terkecil di dunia rupanya datang dari sebuah pesawat buatan tahun 1981, Boeing 767. Pesawat yang di antaranya pernah dioperasikan oleh All Nippon Airways (ANA), Japan Airlines, Delta Air Lines, dan United Airlines ini hanya memilliki lebar 4,72 meter. Pesawat ini bahkan masih terlampau cukup jauh dari pesawat widebody dengan lebar terkecil kedua, Airbus A330 dan A300, dengan lebar 5,28 meter.

Leave a Reply