Emirates Operasikan A380 dengan Rute Terpendek di Dunia, Jaraknya Setara Jakarta – Pangandaran!

0
Sumber: simpleflying.com

Apa yang akan terlintas di benak Anda pertama kali ketika mendengar nama Airbus A380? Mungkin sebagian dari Anda akan langsung terngiang tentang ukurannya yang sangat luar biasa besar, atau mungkin juga ada yang langsung teringat tentang kapasitas angkut dari moda yang berjuluk superjumbo jet ini. Ya, kendati moda ini produksinya sudah diberhentikan karena minimnya permintaan dari pihak maskapai, namun salah satu pengguna A380 terbesar di dunia, Emirates malah membuka rute penerbangan baru dengan menggunakan pesawat ini. Kira-kira, rute penerbangan mana ya yang dirilis oleh Emirates?

Baca Juga: Misterius! Qantas Terbangkan Airbus A380 Ke Orlando Pada Januari 2020, Terbangkan Siapa?

Seperti yang diwartakan oleh KabarPenumpang.com dari laman simpleflying.com (2/7/2019), maskapai asal Timur Tengah ini meluncurkan rute penerbangan yang bertajuk #ShortestA380Flight. Ya, dari namanya saja, Anda pasti sudah dapat menebak jarak dari rute yang dihadirkan oleh Emirates ini – rute penerbangan A380 terpendek di dunia. Peluncuran dari rute ini sendiri dilaksanakan pada Senin, 1 Juli 2019 kemarin, dimana A380 hanya mengudara sejauh 350km saja.

Jarak tersebut hampir sama jauhnya dengan jarak antara Jakarta dengan Pangandaran yang ada di ujung Jawa Barat sana (sekitar 356km). Nah, tapi Emirates bukan membuka rute penerbangan ini dari Jakarta ke Pangandaran, melainkan dari Dubai menuju Muscat.

Moda yang mampu merengkuh kecepatan maksimal hingga 1.020 km per jam ini hanya membutuhkan waktu sekira kurang dari 40 menit untuk melakoni perjalanan dari Dubai menuju Muscat tersebut. Mungkin sebagian dari Anda akan kebingungan ketika mendengar Emirates mengoperasikan Airbus A380 hanya untuk mengoperasikan rute penerbangan pendek.

Kendati belum ada penyataan resmi dari Emirates, namun dari gelagatnya, Emirates ingin memaksimalkan daya angkut dari A380 yang mampu mengangkut hingga 555 penumpang dalam konfigurasi tiga kelas ini. Tidak menutup kemungkinan Emirates akan memangkas jumlah pengoperasian harian dari rute Dubai – Muscat dan akan memadatkannya di dalam A380.

Baca Juga: “A380-1000,” Mimpi Airbus Bawa Seribu Penumpang dalam Sekali Terbang

Mengutip dari laman sumber yang sama, pihak Emirates akan melayani penerbangan dari Dubai menuju Muscat dua kali dalam sehari:

1. EK862 berangkat dari Dubai pukul 08:25 waktu setempat dan diperkirakan tiba di Muscat sekira pukul 09:40 waktu setempat (estimasi tersebut sudah termasuk proses taxi dan lain-lain),
2. EK863 berangkat dari Muscat pukul 11.15 waktu setempat dan diperkirakan tiba di Dubai sekira pukul 12.25 waktu setempat (estimasi tersebut sudah termasuk proses taxi dan lain-lain).

Sementara untuk rute sebaliknya, skema penerbangannya adalah:

1. EK864 berangkat dari Dubai pada pukul 16:10 waktu setempat dan diperkirakan tiba di Muscat pada pukul 17:25 waktu setempat,
2. EK865 berangkat dari Muscat pada pukul 19:05 waktu setempat dan diperkirakan tiba di Dubai pada pukul 20:15 waktu setempat.

 

Leave a Reply