Thursday, June 30, 2022
HomeAnalisa AngkutanBoeing Sulap Pesawat Tua B777 Jadi Pesawat ecoDemonstrator, Uji 30 Teknologi Baru

Boeing Sulap Pesawat Tua B777 Jadi Pesawat ecoDemonstrator, Uji 30 Teknologi Baru

Boeing meluncurkan pesawat uji ecoDemonstrator baru berbasis Triple Seven. Pesawat berusia 20 puluh tahun itu nantinya akan diplot untuk menguji sejumlah teknologi baru untuk mengurangi penggunaan bahan bakar, emisi, dan kebisingan, sambil menggabungkan bahan ramah lingkungan.

Baca juga: Di Farnborough AirShow Virtual, Boeing Ungkap Keterlibatan Etihad Boeing 787-10 Sebagai ecoDemonstrator

Boeing 777-200ER ecoDemonstrator baru ini akan menjalani serangkaian tes di darat maupun di udara selama enam bulan ke depan sebelum mulai menguji sekitar 30 teknologi baru. Sepertiga dari teknologi tersebut sudah dinikmati oleh penumpang dan maskapai.

Di antara 30 teknologi baru yang akan diuji pesawat ecoDemonstrator baru ini adalah generator pusaran SMART, hasil kolaborasi antara Boeing dan NASA. SMART adalah baling-baling vertikal kecil di sayap yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi aerodinamis saat lepas landas dan mendarat.

Pesawat juga akan menguji sistem yang dirancang untuk menghemat air abu-abu di dalam pesawat – air yang dicuci ke wastafel akan digunakan untuk menyiram toilet, yang juga mengurangi berat pesawat.

Refrigeran ramah lingkungan untuk mengurangi emisi karbon dan sistem penglihatan yang ditingkatkan untuk pilot saat mengoperasikan pesawat juga termasuk ke dalam 30 teknologi yang akan dliuji coba.

Proyek penggabungan bahan bakar penerbangan berkelanjutan (SAF) dan bahan bakar jet konvensional juga turut diuji. Pesawat tersebut nantinya akan menggunakan campuran 30 SAF/70 sisanya konvensional.

“Boeing berkomitmen untuk mendukung pelanggan kami dan memungkinkan industri penerbangan komersial untuk memenuhi komitmen bersama kami untuk emisi karbon nol bersih pada tahun 2050,” kata Stan Deal, presiden dan CEO Boeing Commercial Airplanes, dalam sebuah pernyataan.

“Pengujian ketat program ecoDemonstrator terhadap teknologi baru semakin meningkatkan kinerja lingkungan dari produk dan layanan kami dan sangat berharga untuk terus meningkatkan keselamatan,” tambahnya, seperti dikutip dari CNN International.

Pesawat ecoDemonstrator baru Boeing, dengan nomor registrasi N861BC, pertama kali dikirim ke Singapore Airlines pada 2002, kemudian terbang ke seantero dunia bersama Air New Zealand dan Suriname Airways selama 20 tahun masa pakai.

Baca juga: 20 Maskapai Dunia Tandatangani Komitmen Gunakan Teknologi Baru Tekan Emisi Karbon

Sejak habis masa pakai, pesawat akhirnya dicat ulang dengan corak bertema Bumi, yang menurut Boeing melambangkan satu dekade program ecoDemonstrator sebagai lab terbang untuk mengurangi penggunaan bahan bakar, emisi, dan kebisingan.

Selain Boeing 777-200ER, sebelumnya Boeing juga pernah mengoperasikan pesawat ecoDemonstrator lain. Di sela-sela hari pertama pelaksanaan Farnborough AirShow 2020 virtual, Boeing mengumumkan program ecoDemonstrator terbarunya berbasis 787-10 Dreamliner kolaborasi dengan Etihad Airways.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru