Bukan Bahan Masakan, “Kemiri” Adalah Nama Stasiun Peninggalan Belanda

(Wikipedia)

Ingat kemiri jadi ingat bumbu masakan yang biasa minyaknya digunakan untuk mempertebal rambut. Tapi, kemiri yang satu ini bukan bumbu masakan melainkan sebuah stasiun kereta api yang berada di Jawa Tengah.

Baca juga: Sempat Jadi Tempat Persusulan Kereta, Stasiun Wojo Direaktivasi Untuk Transit Kereta Bandara

Stasiun Kemiri merupakan stasiun kereta api kelas III atau kecil yang letaknya di Desa Kemiri, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar. Masuk dalam Daerah Operasional (Daop) VI Yogyakarta, Stasiun Kemiri berada di ketinggian +98 mdpl dan letaknya agak masuk dari Jalan Raya Tasikmadu-Kebakkramat.

Dulunya Stasiun Kemiri lebih dikenal dengan nama Halte Kemiri. KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, Stasiun ini memiliki tiga jalur dengan jalur 1 sebagai sepur lurus menuju ke Stasiun Palur ke arah selatan dan Stasiun Masaran ke arah utara.

Jalur 2 digunakan sebagai tempat perhentian kereta jika adanya persusulan dan jalur 3 pun di gunakan sebagai persusulan. Dulunya jalur 3 Stasiun Kemiri ini terhubung dengan jalur lori atau decauville menuju ke Pabrik Gula Tasikmadu untuk sarana angkutan tetes tebu dan gamping sebagai salah satu bahan pendukung industri gula.

Sebagai salah satu peninggalan Hindia Belanda, pada saat pembangunannya pun diperkirakan bersamaan dengan pembangunan jalur kereta api dari Madiun-Paron-Sragen-Solobalapan. Pengerjaan stasiun ini sendiri dilakukan oleh Staatsspoorwegen (SS) diperkirakan dari tahun 1883 hingga 1884. Jalur sepanjang 97 kilometer ini, pengerjaannya dimulai dari Madiun di sebelah timur menuju ke Solobalapan di sebelah barat.

Kini nasib Stasiun Kemiri hanya sebagai stasiun persilangan serta persusulan kereta api saja bukan lagi untuk menaik turunkan penumpang. Menurut data grafik perjalanan kereta api atau Gapeka 2017 yang direvisi Desember 2018, persilangan dan persusulan kereta api di Stasiun Kemiri adalah KA Logawa, KA Pasundan, KA Singasari, KA Matarmaja dan KA Sancaka.

Baca juga: Sempat Vakum 2 Tahun, Stasiun Kertosono Kembali Beroperasi Sejak 2015

Saat ini sedang dibangun jalur ganda dari Solobalapan hingga Kertosono yang dalam perkembangan selanjutnya akan sampai di Surabaya. Terkait adanya pembangunan jalur ganda lintas selatan jawa, Stasiun Kemiri ikut juga dalam renovasi besar-besaran. Meski begitu stasiun tersebut tetap menjadi persusulan dan nantinya bangunan lama akan dirobohkan digantikan dengan bangunan baru.