Saturday, August 13, 2022
HomeAnalisa AngkutanBukan Hanya Cathay Pacific, Ini Deretan Pesawat Sipil yang Nyaris Kena Rudal

Bukan Hanya Cathay Pacific, Ini Deretan Pesawat Sipil yang Nyaris Kena Rudal

Pesawat Boeing 777 Cathay Pacific dilaporkan nyaris terkenal rudal beberapa hari lalu. Saat melintas di atas Laut China Selatan (LCS), pilot tiba-tiba dikontak ATC untuk segera berbelok 90 derajat ke kiri, tanpa ada Notice To Airmen atau NOTAM sebelumnya. Tak lama kemudian, rudal yang ditembakkan dari kapal selam AL Cina melintas dengan jelas dan berhasil diabadikan oleh pilot lewat sebuah video.

Baca juga: Sejak 1973, Iran, Rusia dan AS Ternyata Pernah Menghantam Pesawat Penumpang dengan Rudal

Insiden pesawat nyaris terkena rudal bukan kali pertama terjadi. Sejak tahun 2000, tercatat ada sekitar empat pesawat yang nyaris terkena serangan rudal atau roket, baik itu rudal nyasar, maupun rudal yang sengaja diarahkan ke pesawat komersil, baik pesawat penumpang maupun kargo. Dilansir dari berbagai sumber, berikut selengkapnya.

1. Boeing 757 Arkia Israel Airlines

Pada tanggal 29 November 2002, sebuah pesawat Boeing 757 Arkia Israel Airlines nyaris terkena rudal tak lama setelah lepas landas dari Bandara Mombasa, Kenya.

Laporan New Scientist, dua rudal yang ditembakkan tersebut diduga ulah teroris yang terorganisasi dengan Al-Qaeda. Beruntung, rudal atau roket Strela-2 buatan Rusia itu gagal mengenai sasaran dan membuat 261 penumpang serta 10 kru tetap bisa melanjutkan hidup.

2. Airbus A300 DHL

Pesawat kargo Airbus A300B4-200F DHL, pada tanggal 22 November 2003, nyaris celaka setelah mendapat serangan rudal dari pejuang pro Saddam Husein tak lama setelah lepas landas dari Bandara Baghdad, Irak. Meski begitu, salah satu rudal berhasil mengenai sayap kiri pesawat dan membuat hydraulic flight control system rusak.

Beruntung, pilot dengan sigap membawa pesawat putar balik dan mendarat dengan selamat di bandara semula dengan hanya satu mesin, sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

3. Boeing 737 Thomson Airways

Pesawat Boeing 737 Thomson Airways, anak perusahaan dari TUI Group  yang sekarang berganti nama menjadi TUI Airways, nyaris terkena rudal pada bulan Agustus tahun 2015 saat melintas di Sharm el-Sheikh, Mesir. Beruntung, pesawat berhasil menghindar dan hanya berjarak 300 meter dari rudal.

Laporan The Guardian menyebut, kemungkinan besar rudal tersebut berasal dari militer Mesir yang tengah melakukan latihan rutin. Namun anehnya, tidak ada NOTAM ke penerbangan Thomson Airlines yang memuat 180 penumpang tersebut.

Baca juga: Ngeri, Pesawat Boeing 787 Maskapai El Al Israel Dikawal Jet Tempur, Takut Dirudal?

4. Beberapa pesawat maskapai internasional nyaris kena rudal nyasar

Pada Maret 2022 lalu, India dilaporkan secara tidak sengaja menembakkan rudal. Celakanya, rudal ini mengarah ke jalur yang dilalui banyak maskapai internasional saat rudal diluncurkan.

Data FlightRadar24, rudal tersebut nyaris terkena pesawat maskapai Flydubai rute Sialkot-Dubai, pesawat IndiGo rute Srinagar-Mumbai, Airblue Lahore-Riyadh, Kuwait Airways rute Kuwait-Guangzhou, Saudi Arabian Airlines rute New Delhi-Riyadh, dan Qatar Airways rute Kathmandu-Doha.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru