Bullet Train Siap Mengular di Ujung Barat Daya Inggris

Sumber: cornwalllive.com

Kini, sebuah kota yang terletak di ujung barat daya Inggris, Cornwell tengah sesumbar menantikan kehadiran salah satu revolusi dalam dunia transportasi, yaitu bullet train. Armada berteknologi tinggi dari Class 802 Intercity Express Trains, yang akan dioperasikan oleh GWR pada rute Devon dan Cornwall-nya, akan menghubungkan London Paddington ke Penzance dan tujuan lainnya di antaranya. Kereta sekarang akan siap untuk melewati serangkaian uji coba dalam beberapa minggu mendatang sebelum memasuki layanan penumpang mulai musim panas tahun depan.

Baca Juga: Rencana Pengoperasian Kereta Jalur Elizabeth di Inggris, Semuanya Serba Baru Loh!

Dilansir KabarPenumpang.com dari cornwalllive.com (17/6/2017), Armada baru memanfaatkan teknologi peluru asal salah satu perusahaan asal Jepang, Hitachi. Dalam bidang ini, Hitachi terkenal dengan kualitas dan kehandalannya. Penumpang bisa menemukan lebih banyak tempat duduk, fasilitas on-board yang lebih baik dan waktu perjalanan yang lebih singkat. Teknologi on-board termutakhir juga telah dirancang, termasuk update perjalanan real-time dan layar reservasi.

36 armada kereta ini dilengkapi dengan teknologi bi-mode, yang memungkinkan kereta menggunakan tenaga diesel dan listrik. Ketidaksabaran masyarakat untuk menyambut kereta baru ini seakan mendapatkan lampu hijau dari pihak produsen dengan cara membagi lokasi produksi. Tiga telah dibangun di Jepang, sedang 33 lainnya dibangun di Italia.

Baca Juga: Setelah 175 Tahun, Ratu Inggris Kembali Menumpangi Kereta Api

Intercity Express Train dirancang untuk menahan berbagai jenis cuaca di kawasan tersebut, termasuk jalur berbahaya pantai Dawlish yang terkenal dengan anginnya yang kencang dan gelombangnya yag ganas. Rencananya, per musim gugur mendatang, gelombang pertama kereta api akan berjalan di jalur utama Great Western yang bersejarah, menghubungkan London dengan kota-kota utama di Inggris termasuk Reading, Bath, Bristol, serta Cardiff.

Managing Director di Great Western Railways (GWR), Mark Hopwood mengatakan kedatangan bullet train ini menandakan sebuah langkah dalam melayani masyarakat. “Intercity Express Train memiliki lebih banyak kursi, layanan yang lebih baik dan perjalanan yang lebih cepat. Tidak lupa juga menaiki kereta ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagi para penumpangnya,” ujar Mark.

Baca Juga: Inggris Ambil Ancang-Ancang Untuk Redam Lonjakan Penumpang Kereta

Dilansir dari sumber yang sama, Berry Sas, Project Director dari Hitachi Rail Europe mengatakan sebentar lagi masyarakat yang kerap kali melakukan perjalanan dari London menuju South West sebentar lagi dapat merasakan dampak positif dari perkembangan jaman, berupa kereta modern. “Kereta ini sengaja dirancang untuk menunjang kenyamanan para penumpangnya, ditambah dengan tersedianya ruang bagasi yang lebih lega dan perjalanan yang mulus,” tuturnya. “Kami sangat ambisius untuk mulai menguji jalur kereta api di kawasan ini saat kami terus menuju armada baru memasuki layanan penumpang tahun depan,” tutup Berry.