Wednesday, May 25, 2022
HomeBandaraBuntut Insiden 20 Tahun Silam, Bandara di AS Masih Wajibkan Penumpang Lepas...

Buntut Insiden 20 Tahun Silam, Bandara di AS Masih Wajibkan Penumpang Lepas Sepatu di Jalur Pemeriksaan

Saat jutaan orang di AS bersiap untuk bepergian dengan pesawat udara, maka proses pemeriksaan keamanan di bandara akan menjadi tantangan tersendiri, dimana jalur antian akan menjadi lebih panjang, yang artinya durasi tunggu penumpang menjadi lebih lama dari biasanya. Dan satu elemen yang mengganggu adalah adanya kewajiba  untuk melepas sepatu saat melewati jalur keamanan.

Baca juga: Inilah CLEAR, Teknologi Baru di Bandara: Penumpang Tak Perlu Keluarkan KTP atau Paspor!

KabarPenumpang.com melansir news4jax.com (22/12/2021), pemberlakuan persyaratan lepas sepatu bagi penumpang di pemeriksaan keamanan bandara telah berlaku sejak 20 tahun lalu. Pelancong diharuskan melepas sepatu di bandara di seluruh Amerika Serikat setelah insiden pada 22 Desember 2001, ketika seorang penumpang gagal mencoba meledakkan bahan peledak di pesawat yang disembunyikan di sepatunya.

Richard Reid, yang dikenal sebagai “Pembom Sepatu,” adalah seorang teroris yang menaiki penerbangan American Airlines dari Paris ke Miami dengan bahan peledak yang dikemas di bagian bawah sepatunya. Dia terlihat mencoba menyalakan korek api di pesawat, yang kemudian berhasil digagalkan oleh beberapa penumpang.

Reid akhirnya dijatuhi hukuman tiga hukuman penjara seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat setelah mengaku bersalah atas delapan tuduhan kriminal federal terorisme. Karena hal ini, penumpang akan lebih baik tidak menggunakan sepatu dengan baja di ujung, tumit, betis, gesper, atau paku. Sepatu tenis seringkali merupakan pilihan terbaik.

Kemudian, gunakan kaus kaki atau sepatu boot sekali pakai untuk tujuan sanitasi. Jangan memakai sepatu yang terlihat tidak biasa. Dengan melepas sepatu di bandara merupakan bahaya kesehatan bagi sebagian orang.

Hal ini karena mengingat lantai tempat Anda berjalan di dekat garis keamanan kotor karena semua pelancong yang lewat, banyak dokter mengatakan ini bisa menjadi bahaya kesehatan. Terutama bagi para pelancong yang memakai sandal dan kemudian bertelanjang kaki melewati antrean.

Bagi yang membenci proses melepas sepatu mereka di bandara, mereka akan terhibur mengetahui bahwa akan ada solusi dalam waktu dekat. Laboratorium Departemen Energi AS sedang mengembangkan teknologi yang akan memindai sepatu saat masih dipakai, yakni saat penumpang berada di jalur keamanan.

Baca juga: Teknologi Skrining Baru di Bandara: Tak Perlu Lepas Sepatu!

Penumpang akan berhenti sejenak selama sekitar dua detik sebelum gambar bagian bawah sepatu mereka dipindai. Teknologi ini dapat mempercepat proses penyaringan sebesar 15 persen hingga 20 persen. Kabarnya, tahun depan teknologi ini akan dicoba pasang di beberapa bandara AS.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular