Bus Otonom Pertama di Jepang Meluncur di Prefektur Ibaraki

0
bus otonom pertama mengular di Jepang (kyodonews.net)

Berbagai kendaraan otonom kini mulai meluncur di jalan beberapa negara. Salah satunya adalah Jepang yang mana pada November lalu memulai layanan bus otonom pertamanya. Bus ini mulai meluncur di jalanan umum di sebuah kota yang berada di Prefektur Ibaraki.

Baca juga: SoftBank Kerja Sama dengan Navya Hadirkan Bus Otonom di Jepang

Dipilihnya kota tersebut karena memiliki populasi yang menua lebih cepat alias lebih banyak orang tua dibandingkan generasi muda. Bus otonom tersebut diluncurkan oleh anak perusahaan SoftBank Corp yakni Boldly Inc., yang juga sekaligus sebagai operator kendaraan tersebut.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman sumber kyodonews.net (25/11/2020), bus otonom ini bisa mengangkut sebanyak sembilan penumpang yang melaju dengan kecepatan 20 km per jam. Bus tersebut melakukan perjalan pergi pulang sejauh lima kilometer di sekitar pusat Sakai.

Meski akan beroperasi secara otonom, di dalam bus tetap akan ada kru dan satu orang petugas yang duduk di kursi pengemudi. Hal ini karena undang-undang lalu lintas Jepang melarang kendaraan tak berawak beroperasi di jalan umum.

“Kami ingin memperluas layanan kami di seluruh negeri untuk menyediakan mobilitas yang lebih berguna,” kata Kepala Eksekutif Boldly Yuki Saji pada upacara peluncuran layanan bus tersebut.

Untuk awal perjalanannya, Boldly akan mengoperasikan bus otonom ini dengan empat perjalanan pergi pulang dalam sehari bersama dengan pemerintah daerah. Mereka juga berencana akan memperluas layanan hingga lima rute tergantung pada permintaan.

Pemerintah kota setempat, dengan populasi sekitar 24 ribu, mengatakan telah mengalokasikan 520 juta yen ($5 juta) untuk membantu mendanai layanan bus selama lima tahun hingga Maret 2025, karena tenaga kerja yang menua di operator bus lokal membuat mereka menghadapi kekurangan pengemudi bus.

“Di kota setempat seperti Sakai, mendapatkan cukup banyak pengemudi untuk memelihara layanan bus umum semakin sulit. Bus otonom adalah apa yang kami cari untuk menawarkan mobilitas” kepada orang tua,” kata Masahiro Hashimoto, walikota Sakai.

Baca juga: Mobil Golf Semi-Otonom Mudahkan Para Lansia di Desa Pegunungan Jepang

Saji mengatakan bahwa dia telah menerima pertanyaan dari lebih dari seratus pemerintah daerah di Jepang sejak rencana layanan bus otonom di Sakai diumumkan pada Januari.

LEAVE A REPLY