Busa Kursi Baru Berteknologi Tinggi Bikin Berat Pesawat Turun Drastis!

0
Kursi Octaspring yang diklaim mampu menurunkan berat total pesawat. Foto" Vanema

Seribu satu cara ditempuh perusahaan di dunia untuk membuat pesawat lebih ringan, dalam hal ini melalui inovasi kursi. Ada yang fokus membuat kerangka kursi terbarukan dengan bahan-bahan yang jauh lebih ringan dan kuat. Ada pula yang fokus pada kulit kursi, dan terbaru sebuah perusahaan asal Slovenia, Vanema, lebih memilih fokus pada bantalan atau busa kursi pesawat. Bagaimana itu bisa mempengaruhi berat pesawat secara keseluruhan?

Baca juga: Perusahaan Jerman Rancang Kursi Penumpang dan Pilot yang Dilengkapi Sensor Detak Jantung

Dilansir dari Simple Flying, Vanema diketahui telah meluncurkan teknologi bantalan kursi atau bisa juga dibilang kursi pesawat terbaru yang disebut Octospring. Disebutkan, itu bukan hanya berhasil membuat berat total kursi pesawat menjadi berkurang atau lebih ringan tetapi juga lebih nyaman.

Octaspring membuat penumpang lebih nyaman karena honeycomb-style-nya yang dinilai maksimal dan sangat ergonomis dalam menopang duduk pengguna. Jauh lebih maksimal dibanding static foam cushion atau bantalan kursi yang ada saat ini.

Octaspring juga diproduksi 50 persen lebih sedikit dibanding bantalan atau busa kursi pada umumnya. Sekali lagi, ini berkat adaposi teknologi honeycombs yang menjadikan penempatan busa-busa di kursi menjadi lebih maksimal namun tetap nyaman digunakan.

Dari teaser yang dirilis perusahaan, terlihat Octaspring menggunakan teknologi smart zoning dalam memaksimalkan peletakan busa. Ketika diduduki oleh penumpang, teknologi adaptive comfort juga membuat bantalan kursi mengikuti posisi pada bokong penumpang.

Dari hasil studi internal, terbukti bahwa duduk di kursi Octaspring membuat bokong lebih minim rasa sakit atau nyeri ketimbang duduk di kursi pada umumnya.

Vanema mengklaim, Octaspring berhasil meringankan berat total pesawat sebesar 30 persen dibanding yang dilakukan teknologi solid seat pad. Di kelas ekonomi, Octaspring diklaim mampu mengurangi berat mencapai 150 gram per seat cushion. Di kelas bisnis, penghematan berat pesawat bahkan mencapai 800 gram per kursi.

Penurunan berat total pesawat dari bantalan kursi di kabin bahkan jauh lebih besar andai kursi first class, kursi kru, dan pilot juga diganti dengan kursi Octaspring.

Baca juga: Asyik, Penumpang Pesawat Kelas Ekonomi Kini Bisa Selonjoran ke Kursi Depan!

Saat ini, Vanema dikabarkan tengah menggandeng Airbus, STELIA Aerospace, dan SAGROUP untuk memasang bantalan kursi ini ke setiap pesawat. Itu dimungkinkan karena Octaspring sudah lulus uji sertifikasi, termasuk uji ketahanan api dan lain sebagainya.

Bila tak ada aral melintang, tahun depan diperkirakan kursi Octaspring bisa diaplikasikan di pesawat-pesawat terbaru Airbus. Hanya saja, tak disebutkan dengan jelas, apakah seluruhnya menggunakan kursi Octaspring atau hanya sesuai permintaan dari maskapai saja. Menarik ditunggu.