Busworld South East Asia 2019 Siap Digelar di Jakarta, Inilah Pameran Bus Terbesar Berskala Internasional

Bakal ada event besar yang berlangsung pada akhir Maret mendatang, persisnya pada 20 – 23 Maret akan berlangsung Busworld South East Asia 2019 di JIExpo Kemayoran Jakarta. Busworld South East Asia digadang menjadi pameran terbesar di kawasan Asia Tenggara yang menampilkan inovasi terbaru di segmen bus dan industri karoseri yang akan menampilkan berbagai macam bus, coach bus, minibus, termasuk spare parts, komponen-komponen dan juga pelayanannya.

Baca juga: Siap Kembalikan Mas Jaya Bus AKAP, Inilah Serba-Serbi Terkait Tol Trans Jawa

Inisiasi pamera bus terbesar ini digawangi oleh GEM (Global Expo Management) Indonesia bekerja sama dengan Busworld International. Busworld merupakan pameran B2B terbesar di bidang bus dan indsutri karoseri. Pameran berskala internasional ini pertama kali diadakan 47 tahun lalu di kota Kortrijk, Belgia pada tahun 1971, dan diselenggarakan secara berkala dua tahun sekali.

Guna memperkenalkan program Busworld South Asia 2019, GEM Indonesia dan Busworld International menggelar konferensi pers pada Rabu, 16 Januari 2019 di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta. Dalam acara konferensi pers dihadiri oleh Sommy Lumadjeng, Ketua Askarindo (Asosiasi Karoseri Indonesia), Kurnia Lesani Adnan, Ketua Ipomi (Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia) dan Baki Lee, Direktur Utama GEM Indonesia selaku penyelenggara pameran.

Tumbuhnya industi karoseri dan permintaan bus yang tinggi di Indonesia merupakan momen penting dalam penyelenggaraan pameran Busworld. Sommy Lumadjeng menyebutkan bahwa tahun 2019 bakal menjadi titik balik kejayaan kendaraan bus, persisnya pada 20 Deember 2018 lalu, Presiden Jokowi telah meresmikan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya.

“Secara langsung peresmian Tol Trans Jawa membawa nilai positif bagi industri bus AKAP dan tentunya industri karoseri. Belum lagi BRT (Bus Rapid Transit) akan dibangun di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Bandar Lampung, ” ujar Sommy.

Tentang pameran Busworld South East Asia merupakan pameran ketujuh pada agenda Busworld terkini setelah Turki, India, Rusia, Cina, Kazakhstan dan Kolombia. Busworld South East Asia 2019 juga akan memberikan edukasi terkini mengenai perkembangan bus baik dari dalam maupun luar negeri, dari segi regulasi sampai teknologi akan dibahas dalam Busworld Academy yang akan menghadirkan para pakar dari industri transportasi.

Baca juga: Menhub Gulirkan Rencana Bus “Trans Java,” Pengusaha Bus AKAP Utarakan Kekecewaan

Terselenggaranya Busworld South East Asia yang akan dilakukan bersamaan dengan Busworld Academy ini diharapkan bisa membantu Indonesia dalam menghadapi era industri 4.0.