BYD dan Didi Luncurkan D1, Mobil Listrik Pertama yang Dirancang Khusus untuk Ride Hailing

0
D1 mobil listrik pertama untuk ride hailing (theverge.com)

Ride hailing teratas di Cina Didi Chuxing bersama dengan BYD yang merupakan produsen kendaraan listrik menghadirkan hatcback hijau yang menggemaskan. Ini merupakan mobil listrik pertama yang di rancang khusus untuk ride hailing. Hatcback hijau ini diberi nama D1.

Baca juga: Hadirkan Kendaraan Listrik untuk Ride Hailing, Didi Bermitra dengan BYD

D1 akan mampu melaju sejauh 260 mil atau sekitar 418 km seperti yang dinilai oleh New European Driving Cycle (NEDC). Mereka juga menjelaskan beberapa sentuhan desain lebih menarik yang membuat kendaraan ini sangat cocok untuk ride hailing berbasis aplikasi.

Dilansir KabarPenumpang.com dari theverge.com (17/11/2020), kedua perusahaan ini mengatakan ada layar berukuran sedang di dashboard mobil serta dua lagi layar sentuh di bagian belakang kedua sandaran kepala penumpang untuk mengakses navigasi dan informasi lainnya.

Selain itu satu layar kecil di belakang setir berfungsi sebagai cluster instrumen. Mobil ini unik karena dilengkapi dengan pintu geser yang bisa mencegah pengendara menabrak penumpang atau pengendara sepeda secara tidak sengaja. Bahkan kursi pengemudi dibuat agar sangat nyaman untuk pengunaan yang lama dan ruang kaki tambahan di kursi belakang.

D1 akan hadir dengan sistem bantuan pengemudi Level 2 yang mencakup peringatan keberangkatan, pengereman otomatis dan peringatan tabrakan pada pejalan kaki. Ini juga akan ada sistem pemantauan pengemudi untuk memastikan bahwa pengemudi tetap memegang kemudi dan tetap fokus di jalan.

Mobil listrik tersebut dilengkapi dengan lima tempat duduk terbuat dilengkapi motor listrik 136bhp (100kW) dan baterai lithium-ion dari pabrik BYD Fudi di Chongqing. Didi mengatakan pihaknya menggunakan data yang dikumpulkan dari 550 juta penumpang terdaftar dan 31 juta pengemudi untuk merancang D1.

“Untuk memastikan pasokan yang andal dan lebih hemat biaya untuk jaringan pengemudi yang saat ini mengirimkan sebanyak 60 juta perjalanan per hari, DiDi China telah membangun ekosistem otomotif yang lebih dalam untuk layanan mobilitas intinya dengan menjalin aliansi yang luas dengan produsen, penyedia energi dan pemain industri lainnya dalam rantai nilai,” kata perusahaan itu.

Untuk diketahui, produsen mobil telah merancang mobil untuk layanan taksi komersial selama beberapa dekade. “Taxi of Tomorrow” Kota New York adalah Nissan NV200 yang terkenal hanya bertahan tujuh tahun sebelum kehilangan kesepakatan eksklusifnya. Taksi hitam ikonik London dirancang dan dibangun oleh sebuah perusahaan bernama London Taxi Company.

Baca juga: Platform Didi Turunkan Usia Penumpang Taksinya Menjadi 16 Tahun

Perusahaan itu dibeli oleh Geely China pada 2015 dan sekarang membuat mobil listrik. Uber dan Lyft sama-sama membuat langkah untuk meningkatkan jumlah EV yang tersedia di aplikasinya. Didi mengatakan pihaknya memiliki “sekitar satu juta” mobil listrik di platformnya saat ini.

Leave a Reply