Bye-bye Toilet Sempit, AirGo Tawarkan Toilet Lega di Pesawat

0
Ilustrasi fitur tersembunyi di toilet pesawat Delta Airlines. Foto: AirGo via Simple Flying

Sudah bukan rahasia kalau toilet atau lavatory di pesawat umumnya sangat sempit. Parahnya lagi, data menunjukkan, seiring tingginya jumlah penumpang, rata-rata dari maskapai makin memperbanyak kapasitas kursi dan mengorbankan kenyamanan, dalam hal ini mempersempit toilet sampai 10 inchi dalam 10 tahun terakhir.

Baca juga: Penumpang Masak Steak di Toilet Pesawat dan Unggah Video ke TikTok

Pada pesawat widebody, toilet termasuk berjalan di lorong menuju toilet, mungkin bukan perkara sulit mengingat luasnya kabin. Tetapi, pada pesawat narrowbody, seperti Airbus A321LR dan Boeing 737 MAX, ceritanya akan sangat berbeda.

Karenanya, tak sedikit dari penumpang yang sengaja swafoto atau selfie di toilet sebagai satire, saking sempitnya, seperti unggahan di bawah ini. Tetapi, seiring berjalannya waktu, inovasi demi inovasi pun hadir untuk menjawab kebutuhan toilet luas di pesawat, salah satunya datang dari AirGo.

Konsep toilet SPACE oleh firma desain asal Kanada tersebut, tahun ini, bahkan berhasil menembus babak final dalam ajang prestisius desain interior pesawat di dunia, Crystal Cabin Awards. Ajang tersebut diketahui selalu menghadirkan solusi interior saat ini dengan berbagai konsep desain yang menawan. Sudah pasti, mencapai babak final bukan perkara mudah apalagi sampai menjuarainya.

Konsep toilet super luas SPACE memilih menggunakan bentuk segitiga alih-allih berbentuk kotak atau kubus. Ini dinilai menyuguhkan aksesibilitas lebih baik dari dan menuju toilet.

Sadar tak mungkin maksimal hanya dengan konsep toiletnya, AirGo juga menawarkan desain kabin Galaxy sebagai satu kesatuan utuh dan membuatnya makin kompatibel. Konfigurasi kabin Galaxy AirGo tetap memaksimalkan kapasitas kursi sambil menawarkan dua toilet luas di belakang.

Menariknya lagi, konsep toilet luas di pesawat oleh AirGo juga memperhatikan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas.

Selama ini, pesawat narrowbody kerap tak memperhatikan itu, melengkapi perampingan toilet sekitar 10 inchi selama 10 tahun terakhir, seperti dilaporkan Washington Post.

Baca juga: Sebelum Seperti Sekarang, Dulu Toilet Pesawat Gunakan Ember untuk Tampung Limbah Penumpang

Maka dari itu, sejak 2016 lalu, regulator di AS mengharuskan toilet pesawat berkapasitas 125 penumpang harus ramah kursi roda. Tak hanya itu, di tahun-tahun berikutnya, peraturannya diperketat mencakup assist handle, tombol bantuan, sampai pengunci pintu, sabun, dan hal lain yang mudah diakses.

Poinnya adalah para penyandang disabilitas bisa menggunakan toilet dengan mudah tanpa bantuan satupun pramugari. Kendati demikian, tetap harus disediakan fitur-fitur bantuan saat keadaan emergency atau penumpang tersebut mengalami kesulitan dalam mengakses toilet.