Cegah Banjir di Lintasan Kereta, Indian Railways Buat Microtunneling di Stasiun Masjid

0
Zona Kereta Api Pusat baru-baru ini menyelesaikan pekerjaan terowongan mikro di Stasiun kereta api Masjid di Mumbai tanpa mengganggu pergerakan kereta normal. Foto: Financial Express

Banjir kerap kali melanda Stasiun Masjid di Mumbai dan membuat perjalanan kereta terhambat. Hal itu terjadi lantaran posisi Stasiun Masjid berada di tingkat yang lebih rendah dari permukaan tanah. Nah, guna mengatasi banjir di rel kereta, Indian Railways memutuskan untuk memasang pipa RCC berdiameter 1000 mm dengan metode microtunneling.

Baca juga: Unik, Stasiun Bhawani Mandi Terletak di Dua Negara Bagian India

Pembuatan microtunneling di Stasiun Masjid dilatarbelakangi kesuksesan metode ini di Stasiun Sandhurst Road. Yang mana di stasiun itu pipa RCC berdiameter 1800 mm dipasang sepanjang 425 meter, menghubungkan sisi barat ke sisi timur melintasi rel.

“Microtunnelling adalah teknologi yang diadopsi secara luas dan baru-baru ini dicoba, diuji, dan dijalankan di area stasiun kereta Sandhurst Road. Pekerjaan microtunnelling bagian kereta api di stasiun kereta api Masjid telah selesai dalam waktu yang sangat singkat dan ini akan membantu untuk mencegah genangan air selama musim hujan,” kata Anil Kumar Lahoti, General Manager, Central Railway.

Dilansir KabarPenumpang.com dari financialexpress.com (13/9/2021), sebelum adanya pembangunan ini, pada Februari 2021, rapat dilakukan dengan berkoordinasi bersama manajer divisi perkeretaapian dan komisaris kota di mana diputuskan untuk melanjutkan proyek pencegahan banjir selama musim hujan.

Menurut Central Railways, situasi memburuk selama curah hujan dengan intensitas tinggi ditambah dengan air pasang. Selain itu kapasitas gorong-gorong yang tidak memadai serta daya dukung jaringan drainase air hujan yang lebih rendah, menjadikan banjir mudah terjadi.

Proyek microtunneling ini mencakup area kota dan area perkeretaapian, dimulai pada akhir April 2021 dengan berkoordinasi bersama Indian Railways dan pekerjaan itu baru saja selesai di area perkeretaapian.

Saat ini, pekerjaan penyambungan pipa RCC yang baru dipasang dengan jaringan MCGM (Municipal Corporation of Greater Mumbai) sedang berlangsung oleh MCGM dan hal yang sama diharapkan akan selesai pada akhir bulan ini. Setelah seluruh proyek selesai, air hujan akan dialirkan melalui gorong-gorong pipa RCC yang baru.

Ini akan menghilangkan banjir pada rel dan mencegah air hujan masuk ke dalam lokasi kereta api. Selama musim hujan tahun ini, pekerjaan terowongan mikro serupa telah berhasil diselesaikan di stasiun jalan Sandhurst dan daerah Dadar-Parel yang berkoordinasi dengan otoritas sipil.

Baca juga: Soal Penamaan Stasiun, Di India Ternyata Operator Kereta Tak Ikut Ambil Bagian

Untuk diketahui, microtunnelling adalah solusi tanpa parit untuk membangun terowongan berdiameter kecil, digunakan terutama untuk proyek-proyek yang membutuhkan terowongan untuk menyeberang di bawah lalu lintas jalan padat, kereta api dan sungai.