Shinkansen Seri E4 Segera Pensiun, JR East Buat Eskalator yang Mirip Sebagai Kenangan di Stasiun Tokyo

0
Jangan lupa untuk tetap waspada terhadap penemuan-penemuan tidak biasa lainnya saat berada di Stasiun Tokyo, karena ada dua penanda tersembunyi di area tersebut yang akan mengejutkan Anda. Foto: SoraNews24

Kereta peluru Shinkansen seri E4 yang juga dikenal sebagai Max Toxi dan Max Tanigawa akan resmi pensiun pada 1 Oktober 2021. Ini merupakan satu-satunya kereta Shinkansen dua lantai di Jepang. Karena ini adalah momen yang cukup penting bagi perkeretaapian, maka untuk mengiringi perpisahan tersebut, East Japan Rail yang mengoperasikannya membuat banyak hal khusus menjelang perjalanan terakhir Shinkansen seri E4 tersebut.

Baca juga: Shinkansen Seri E4 “Double Decker” Pensiun Setelah 24 Tahun Beroperasi

Salah satunya adalah melibatkan eskalator seri E4 khusus di Stasiun Tokyo dan menjadi topik hangat di media sosial. Dilansir KabarPenumpang.com dari soranews24.com (13/9/2021), eskalator ini terletak di dalam gerbang tiket di suatu tempat di sekitar tengah lorong yang menghubungkan pintu keluar pusat bawah tanah Marunouchi dan Yaesu di basement Stasiun Tokyo.

Ketika tiba di sana akan menemukan poster di dinding yang mengumumkan keberangkatan kereta yang akan datang dari jaringan, dengan pesan yang mendorong penumpang untuk melakukan perjalanan terakhir di kereta sehingga mereka dapat menikmati pemandangan dari atas untuk terakhir kalinya. Tidak butuh waktu lama untuk tiba di eskalator, dan tidak ada yang terlewat, karena kelihatannya seperti bagian depan S__hinkansen.

Lekukan eskalator sangat mirip dengan hidung Shinkansen dan saat dilihat lebih dekat pada eskalator, desainnya dibuat dengan penuh cinta. Bahkan bila melihat langsung, akan lebih menyentuh karena ini menunjukkan tingkat kepedulian terhadap kereta api yang menunjukkan bahwa itu lebih dari sekadar benda mati.

Detailnya menyerupai sisi kereta dengan sempurna, hanya dengan pesan tambahan yang mengumumkan tanggal berakhirnya dan mengungkapkan terima kasih kepada orang-orang atas dukungan mereka selama 24 tahun terakhir. Bahkan ketika melihat eskalator itu begitu kokoh, penumpang bergegas pergi ke tujuan mereka dan mengingatkan banyak penumpang yang dilayani selama bertahun-tahun.

Kereta 16 gerbong ini memiliki kapasitas untuk 1.634 penumpang, dan unik dalam desainnya karena memiliki dek bawah dan atas. Namun, karena kecepatan maksimum kereta adalah 240 km per jam, itu dikatakan kurang efisien dibandingkan dengan model lain seperti E5, yang digunakan di Tohoku Shinkansen yang mencapai kecepatan maksimum 320 kilometer per jam.

Karena itu, dan usia kendaraan, akan segera tiba saatnya untuk mengucapkan sayonara kepada Max, yang merupakan singkatan dari “Multi Amenity Express“. JR East telah mendirikan situs khusus untuk memberi penghormatan kepada kereta menjelang perjalanan terakhirnya, di mana Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang sejarah kereta, membeli barang dagangan, dan mencetak kegiatan menyenangkan untuk anak-anak.

Baca juga: Ubah Smoking Room Jadi Zoom Meeting Room, JR Central Tawarkan Meeting di Kereta Peluru Shinkansen

Jika Anda ingin mengucapkan selamat tinggal kepada Max secara langsung, Anda masih punya waktu beberapa minggu untuk memesan tiket di kereta sebelum berangkat pada perjalanan terakhirnya. Dan tentu saja, Anda dapat menaiki eskalator Seri E4, yang juga akan dihias dengan balutan khusus hingga saat itu.