Ubah Smoking Room Jadi Zoom Meeting Room, JR Central Tawarkan Meeting di Kereta Peluru Shinkansen

0
Manga yang menggambarkan ruang Zoom di kereta Shinkansen. Foto: AV Magazine

Ketika pandemi membuat semuanya berubah, perjalanan moda transportasi pun mengubah beragam fasilitas dan kegunan ruang baik di dalam moda transportasi maupun di halte atau stasiun. Seperti kereta peluru Shinkansen di Jepang yang mengubah ruang merokok menjadi ruang untuk meeting menggunakan Zoom.

Baca juga: Cabin Fever, Film yang Dibuat Melalui Aplikasi Zoom dan WhatsApp

KabarPenumpang.com melansir dari laman theregister.com (27/8/2021), Central Japan Railway Company akan mengganti ruang merokok di beberapa kereta cepat shinkansen dengan mobil Zooming. Sebelum menghadirkan ruang Zoom ini, JR Central sudah menghadirkan WiFi gratis di kereta dan mengaku bahwa pandemi sekarang membuat konferensi melalui video menjadi lebih populer.

Sehingga JR Central telah menyiapkan kendaraan S-Work dan melengkapinya dengan WiFi yang menawarkan kecepatan dua kali lipat dari layanan konvensionalnya. Selain itu juga ada penambahan tenaga di kursi. Kehadiran ruang Zoom ini sepertinya bisa merepotkan penumpang yang bukan pebisnis atau pekerja bila harus semuanya dibuat seperti itu.

Tak hanya itu, JR Central pun sudah melengkapi kereta shinkansen dengan peminjaman mouse, layar privasi untuk laptop mereka dan bantal untuk meletakkannya. Beberapa bahkan akan menampilkan stand Zoom di ruang yang sebelumnya ditempati oleh ruang merokok penumpang.

Untuk diketahui, merokok sendiri dilarang di kereta Jepang sejak tahun 2020. Hal ini membuat ruangan untuk merokok itu kosong dan tak lagi digunakan oleh para penumpang. Meski begitu, layanan kereta shinkansen yang menawarkan ruang Zoom tidaklah semua rute.

Salah satunya adalah kereta Shinkansen jenis N700S. Jadi bisa dikatakan, penumpang akan melakukan meeting Zoom dengan kecepatan 300 km per jam dari rute Tokaido atau Sanyo dan ini sungguh mencengangkan.

Baca juga: Melepas Lelah, Para Pekerja Bisa Nikmati Shinkansen Sambil Merendam Kaki

JR Central sendiri telah membuka situs promosi untuk layanan tersebut. Tak hanya itu, dalam promosi juga dilengkapi dengan beberapa ilustrasi gaya manga yang bagus tentang manfaatnya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.