Shinkansen Seri E4 “Double Decker” Pensiun Setelah 24 Tahun Beroperasi

0
Kereta shinkansen seri E4. Foto: The Japan News

Kereta peluru Shinkansen memiliki banyak seri dan semuanya mememiliki kelebihan masing-masing. Namun saat ini Shinkansen seri E4 yang dikenal juga sebagai layanan Max Toki dan Max Tanigawa, yaitu satu-satunya kereta Shinkansen bertingkat di Jepang.

Baca juga: Melepas Lelah, Para Pekerja Bisa Nikmati Shinkansen Sambil Merendam Kaki

Pensiunnya seri E4 bahkan membuat akun media sosial East Japan Railway Co. atau JR East dibanjiri pesan dari penumpang dan penggemar. Dimana pesan tersebut menggambarkan kenangan perjalanan mengungkapkan penghargaan mereka.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman the-japan-news.com (5/9/2021), JR East merencanakan acara dan menjual barang-barang peringatan dalam skala besar. Penggemar dan perusahaan kereta api bersatu dalam keinginan mereka untuk mengirim kereta dengan gaya.

“Perjalanan solo pertama saya adalah di Green Car kelas satu dari seri E4; Saya menyimpan uang hadiah Tahun Baru saya, ”kata sebuah pesan yang diposting di akun Instagram resmi JR East cabang Niigata.

Posting lain di sana berbunyi: “[E4] adalah kereta Shinkansen terbaik dan terindah, dan saya sangat menyukainya. Saya tidak akan pernah melupakannya.”

Kereta 16 gerbong ini memiliki kapasitas tempat duduk 1.634 kursi, paling banyak dari semua kereta berkecepatan tinggi di dunia. Selain penuaan, kecepatan juga menjadi masalah pada E4. Saat ini ada kereta api yang dapat melaju dengan kecepatan 320 km per jam di jalur Tohoku shinkansen. Sehingga menjaga efisiensi operasional menjadi tantangan tersendiri karena kecepatan maksimum E4 yang mencapai 240 km per jam. JR East telah mengganti kereta seri E4 dengan model tingkat tunggal yang baru. Kereta E4 di jalur Tohoku Shinkansen mengakhiri layanannya pada September 2012.

Menanggapi orang-orang yang mengatakan mereka akan ketinggalan kereta, JR East meluncurkan situs web khusus dengan berbagai konten, termasuk gambar pemandangan dari kursi pengemudi dan hal-hal sepele.

Baca juga: Shinkansen N700S Mulai Melayani Penumpang dengan Fitur Terbaru

Enam puluh lima item peringatan telah diperkenalkan. Makanan bento tingkat dua dalam kotak yang menyerupai gerbong kereta E4 dijual seharga 1.634 yen, dan telah populer sebagai hiasan setelah makanan dikonsumsi.