Shinkansen N700S Mulai Melayani Penumpang dengan Fitur Terbaru

0
Shinkansen N700S (kyodonews.net)

Central Japan Railway Company (JR Central) pada Rabu (1/7/2020) mulai mengoperasikan kereta Shinkansen N700S di jalur Tokaido Shinkansen dengan tujuan dari Tokyo ke Osaka dan menuju ke Hakata di barat daya Jepang. Kereta seri N700S ini menawarkan kinerja dan fitur kabin yang ditingkatkan seperti kursi penumpang dengan soket listrik di pasang di setiap kursinya dan fitur lainnya.

Baca juga: Kereta Shinkansen Jepang Hadirkan Tiket Kereta Elektronik

Dalam kereta N700S ini, penerangannya menciptakan suasana santai dengan jok dan sandaran bergerak bersama ketika penumpang berbaring. Ini untuk membantu penumpang beristirahat selama perjalanan. Selain itu juga untuk mencegah penumpang meninggalkan barang bawaan mereka di belakang atau rak bagasi atas, lampu akan menyala setiap tiba di stasiun.

N700S sendiri merupakan kereta Tokaido Shinkansen yang direnovasi penuh dalam 13 tahun dan digambarkan oleh operator sebagai kereta berkecepatan tinggi pertama di dunia yang dapat berfungsi pada sistem baterai cadangan jika ada kejadian darurat. KabarPenumpang.com melansir laman japantimes.co.jp (1/7/2020), dengan model baru, kereta ini memiliki fitur keselamatan yang juga ditingkatkan termasuk baterai lithium-ion yang memungkinkan untuk melanjutkan ke stasiun terdekat dengan kekuatannya sendiri jika terjadi pemadaman listrik.

JR Central selaku operator akan memperkenalkan 12 kereta N700S hingga Maret 2021 dan menambahnya menjadi 40 di tahun 2022 mendatang. Huruf S dalam nama seri kereta ini memiliki arti yang tertinggi.

Dalam kereta N700S, JR Central telah memasang lebih banyak kamera pengawas karena jumlah kematian dan cedera pada sistem kereta peluru di beberapa tahun terakhir. JR Central mengatakan, akan ada empat hingga enam kamera dalam satu mobil. Untuk diketahui, N700S pertama dilepas meninggalkan Stasiun Tokyo pukul 06.00 pagi waktu setempat oleh Presiden Pusat JR Shin Kaneko yang ditandai sinyal dari kepala stasiun Takeshi Matsuki.

“Saya yakin ini adalah shinkansen terbaik dalam segala hal keselamatan, stabilitas, dan kenyamanan. Saya berharap banyak penumpang menikmati perjalanan,” kata Kaneko.

Para pecinta kereta api pun antusias ketika perjalanan pertama N700S setelah 13 tahun yang lalu.

“Saya tak sabar untuk mengalami bagaimana ini meningkat,” kata Yoshinori Tanaka, seorang warga Sagamihara, 47 tahun, Prefektur Kanagawa, yang mengendarai kereta pertama seri N700 ketika debutnya 13 tahun lalu.

Baca juga: Shinkansen Pacu Kecepatan Antara Tokyo ke Sapporo, Namun ‘Terhalang’ Terowongan Seikan

Jalur Tokaido Shinkansen menghubungkan Stasiun Tokyo dan Stasiun Shin-Osaka di Prefektur Osaka. Itu menghubungkan mulus ke jalur Sanyo Shinkansen, yang meluas ke Hakata dari Shin-Osaka.

Leave a Reply