Cek Fakta Video Viral Warga Afghanistan Kabur dari Taliban dengan Cara Naik di Mesin Pesawat

0
Viral video warga Afghanistan kabur dari Taliban dengan menaiki mesin pesawat. Foto: USA Today

Belum lama ini video yang menunjukkan seorang pria yang disebut sebagai warga Afghanistan, nekat lari dari Taliban dengan cara naik di mesin pesawat yang sedang terbang. Video ini pun viral. Meski sukar dipercaya, tetapi, banyak dari netizen meyakini itu bisa saja terjadi dalam keadaan darurat. Namun, benarkah?

Baca juga: Cek Fakta Dibalik Video Viral Drone Hantam Pesawat Tak Lama Setelah Lepas Landas!

Gelombang eksodus warga terjadi usai Taliban menguasai istana kepresidenan Afghanistan pada tanggal 15 Agustus 2021 silam. Mereka yang panik kemudian menyerbu Bandara Internasional Hamid Karzai berharap turut diievakuasi oleh pesawat militer Amerika Serikat (AS) ataupun negara lainnya.

Meski begitu, tentu saja militer masing-masing negara mempunyai manifes siapa saja yang boleh ikut penerbangan evakuasi mereka. Alhasil, warga Afghanistan yang tak terdaftar dalam manifes kalang kabut dan memaksakan diri untuk ikut di penerbangan sekalipun tidak di dalam pesawat.

Bagi mereka, pilihan ketika itu hanya dua, ikut penerbangan evakuasi atau mereka ke luar bandara dan dieksekusi Taliban karena ‘dosa-dosa’ di masa lalu saat Taliban masih di perangi pemerintah.

Di tengah kekacauan itu, puluhan orang pun nekad naik landing gear, body pesawat bagian bawah, bahkan berpegangan di atas mesin. Yang terakhir inilah kemudian viral di media sosial. Tetapi, setelah dicek, ternyata informasi tersebut tak lebih dari sekedar hoax atau kabar bohong.

@huyquanhoa

Lần đầu trải nghiệm ghế nằm của VN E Lai #huyquanhoa #maybay

♬ nhạc nền – Huy Xuân Mai – Huy Xuân Mai

Hasil analisa BoomLive, sebuah organisasi fact-checking independent, yang dikutip USA Today, menyebut video viral warga Afghanistan naik di atas mesin dalam sebuah penerbangan itu diketahui ialah hasil editan dari netizen Vietnam bernama Huy Xuân Mai. Ia pertama kali mengunggah video itu ke Facebook dan TikTok pada 17 Agustus 2020 dengan caption “Experience the reclining chair of Vietnam”.

Tak hanya di Facebook dan TikTok, video tersebut juga diunggah Xuân Mai ke YouTube melalui channel Quân Hoa TV pada 17 Desember 2020.

Baca juga: Cek Fakta, Kereta Shinkansen Melesat 4.800 Km per Jam, Jakarta-Surabaya Cuma 15 Menit!

Dari video yang diunggah di YouTube ini, sebetulnya sangat jelas bahwa itu adalah editan. Tak seperti video pendek yang diunggah di Facebook dan TikTok, video di YouTube menampilkan aktivitas sehari-hari sang pemilik akun, mulai dari bangun tidur, main laptop, makan, dan sebagainya, di atas mesin pesawat.

Lebih dari itu, di Vietnam sendiri, Huy Xuân Mai ternyata memang sudah masyhur terkenal sebagai profesional video editing dan dijuluki “dewa photoshop” oleh netizen. Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa karya-karyanya menyajikan video-video hasil editan yang sangat menipu karena betul-betul terlihat sempurna alias tak terlihat hasil editannya.