Cek Fakta Dibalik Video Viral Drone Hantam Pesawat Tak Lama Setelah Lepas Landas!

0
Drone tabrak pesawat. Foto: Youube BranitFX

Pada Februari lalu, sebuah video viral di media sosial TikTok. Video tersebut menunjukkan sebuah drone mengantam winglet pesawat Southwest Airlines, tak lama setelah lepas landas dari Bandara LaGuardia, NewYork, Amerika Serikat (AS). Dalam sekejap, winglet kemudian hancur dan tentu saja membahayakan penerbangan.

Baca juga: Viral! Akibat Virus Corona, Sebuah Drone ‘Tegur’ Nenek dan Kakek Tua 

Sampai tulisan ini dibuat, video viral drone menghantam winglet pesawat itu sudah ditonton lebih dari 4 juta kali. Pertanyaannya, validkah video tersebut, mengingat teknologi bisa membuat segala yang tidak menjadi mungkin, dalam hal ini terkait teknologi video editing?

Dilansir snopes.com, bila dilihat secara lebih detail, sebetulnya drone yang menghantam jenisnya tak terlalu besar. Namun, dalam video viral itu, winglet pesawat, yang disebut sebagai penerbangan Southwest Airlines, hancur dibuatnya.

@marlon_spiridon_osborn

Drone hits plane on takeoff 🛫😱 #fyp #foryoupage #foryou #trending #trendy #tiktok #tiktokvids #foryoup #foryp #plane #drone #shocking #scaryflight

♬ original sound – marlonkandaros

Setelah diusut tuntas, video tersebut rupanya tak lebih dari sekedar hoax belaka atau lebih tepatnya efek visual. Video tersebut diketahui pertama kali dibuat pada tahun Juni 2015 lalu, oleh seorang ahli visual effect, Bruce Branit. Ia pun juga secara cermat menempatkan watermark di sayap pesawat sampai betul-betul samar bila tak dilihat secara seksama.

Ketika itu, ia mengunggahnya ke akun YouTube miliknya, BranitFX. Sekalipun tak terlalu viral, dimana jumlah viewersnya hanya sekitar 450 ribuan, tetapi video itu memang tampak seperti sungguhan.

Tak heran bila di era digital yang sudah sangat massif sehingga lebih mudah membuat sebuah video viral seperti sekarang ini, video editan drone menabrak winglet pesawat hingga hancur itu mendapat perhatian luas dari warganet.

Memastikan video viral tersebut hoax, juru bicara Southwest Airlines pun membantah insiden itu. Dalam keterangannya, pesawat yang dimaksud terbang dengan aman dan selamat tanpa kendala apapun.

Hanya saja, insiden drone tabrak pesawat atau pesawat tabrak drone memang pernah terjadi. Bahkan bisa dikatakan sering terjadi.

Pada 12 November 2017, sebuah drone dilaporkan menabrak Boeing 737-800 milik maskapai Aerolineas Argentinas. Disebutkan, drone tersebut menghantam mesin sebelah kanan pesawat yang bertolak dari Trelew, sebelah timur laut dari Patagonia.

http://https://www.youtube.com/watch?v=GS3nb4bwHKQ&t=17s

Baca juga: Drone Misterius Ganggu Penerbangan di Bandara Changi Singapura

Kejadian tersebut terjadi ketika pesawat melintas di atas Tierra Santa Theme Park, tepat sebelum pesawat Aerolineas Argentinas mendarat di bandara Jorge Newbery di Buenos Aires, Argentina. Untungnya, pesawat tidak mengalami kerusakan hebat ketika ditabrak dan bisa mendarat dengan selamat.

Sekitar sebulan sebelumnya atau pada 16 Oktober 2017, insiden drone tabrak pesawat juga pernah terjadi di Kanada. Ketika itu, pesawat Skyjet Beech King Air 100 tengah bergerak mendekati Bandara Internasional Jean Lesage di Kota Quebec, dan dihantam oleh sebuah Unmanned Aerial Vehicle (UAV) yang tidak dikenal.