Drone Misterius Ganggu Penerbangan di Bandara Changi Singapura

0

Lagi-lagi drone mampu ‘menghentikan’ operasional sementara sebuah bandara besar. Hal ini menyebabkan beberapa penerbangan ditunda dan penerbangan kedatangan dialihkan ke bandara lainnya. Teatnya pada 24 Juni 2019 kemarin, sebuah pesawat tanpa awak atau drone menyambangi Bandara Internasional Changi Singapura.

Baca juga: Drone Misterius Ganggu Operasional Bandara Frankfurt Selama 30 Menit

Drone ini mengganggu operasional Bandara Changi untuk kedua kalinya. KabarPenumpang.com melansir dari laman airport-technology.com (26/6/2019), Otoritas Penerbangan Sipil Singapura atau The Civil Aviation Authority of Singapore (CAAS) mengatakan, setidaknya ada 15 keberangkatan dan tiga kedatangan telah ditunda pada hari penampakan drone tersebut.

Bahkan CAAS mengatakan ada tujuh penerbangan lainnya telah dialihkan. Tak hanya itu pengalihan kedatangan pesawat juga dikarenakan cuaca buruk yang menjadi penyebab gangguannya. Karena masalah ini, pihak bandara mau tak mau harus mengatur dengan hati-hati jangka waktu singkat bagi kedatangan dan keberangkatan sebagai tindakan pencegahan.

Pada minggu lalu satu landasan pacu di Bandara Changi harus ditangguhkan dan penerbangan harus ditunda setelah drone muncul. Penerbangan kedatangan pun dialihkan ke Kuala Lumpur, Malaysia.

“Anggota masyarakat diingatkan bahwa pihak berwenang mengambil pandangan serius terhadap operasi pesawat tak berawak yang keliru yang dapat menimbulkan ancaman terhadap penerbangan atau membahayakan keselamatan pribadi orang lain,” ujar CAAS dalam sebuah pernyataan.

CAAS mengatakan penyelidikan sedang berlangsung dan pelanggar bisa dikenakan denda hingga S$20 ribu (US$14.780) atau 12 bulan penjara. Bandara di seluruh dunia sedang menghadapi masalah keamanan yang semakin meningkat karena peningkatan kehadiran drone.

Baca juga: Di Inggris Drone Dilarang Terbang dalam Radius 5 Km dari Bandara, Di Indonesia Dilarang Lebihi Ketinggian 150 Meter

Pada bulan Desember 2018, penampakan drone menyebabkan sekitar 36 jam kekacauan perjalanan di Bandara Gatwick London, yang menyebabkan pembatalan atau pengalihan sekitar seribu penerbangan dengan perkiraan biaya lebih dari £50 juta. Pada bulan Maret 2019, sebuah drone ilegal terlihat terbang di dekat Bandara Frankfurt di Jerman, memaksa operator Fraport untuk menangguhkan semua pendaratan dan tinggal landas selama 30 menit sebagai tindakan pencegahan untuk melindungi penumpang.

Leave a Reply