Drone Misterius Ganggu Operasional Bandara Frankfurt Selama 30 Menit

Sumber: Airport Technology

Bandara-bandara di dunia sepertinya tengah menjadi incaran pengguna drone gelap. Pasalnya pada 22 maret 2019 kemarin, Bandara Internasional Frankfurt am Main di Jerman harus berhenti beroperasi sejenak karena adanya drone tak dikenal berkeliaran di kawasan bandara dan menjadi bandara kesekian yang menghentikan operasionalnya karena pesawat tanpa awak tersebut.

Baca juga: Drone Muncul (Lagi) di Bandara Dubai, Operasional Penerbangan Dihentikan 30 Menit

Drone tersebut terlihat selama 30 menit dan lalu lintas udara di bandara terbesar di Jerman tersebut dihentikan dari pukul 15.15 hingga 17.45 waktu setempat pada Jumat lalu. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman airport-technology.com (26/3/2019), untungnya pihak keamanan bandara cepat tanggap dan helikopter polisi federal langsung dikerahkan untuk melakukan penyisiran.

Karena penghentian operasional bandara selama setengah jam, akibatnya ada 60 penerbangan dari 1439 harus dibatalkan pada hari itu. Ini juga mempengaruhi 4500 penumpang yang ada di bandara. Selain itu maskapai Lufthansa harus membatalkan 22 penerbangannya.

Namun, pembatalan tersebut juga terjadi bukan hanya karena masalah drone tetapi disebabkan sebagaian besar adanya masalah program komputer yang tidak terkait di pusat kendali lalu lintas udara di Langen negara bagian Hesse.

“Sebuah pesawat tanpa awak terlihat hari ini di Bandara Frankfurt. Prioritas kami adalah keselamatan terlebih dahulu. Operasi penerbangan ditangguhkan selama 30 menit sampai polisi menyelesaikan situasi. Operasi penerbangan kembali normal, tidak ada kekacauan,” tulis Bandara Frankfurt di akun Twitternya.

Bandara Frankfurt menjadi yang terbaru kehadiran tamu tak diundang yakni penampakan drone baru-baru ini yang telah menghentikan operasi bandara di Inggris, Irlandia, Amerika Serikat, dan Uni Emirat Arab (UEA). Bandara Dublin di Irlandia terpaksa menunda sementara operasi pada 21 Februari setelah sebuah drone terlihat di dekat lapangan terbang.

Baca juga: Di Inggris Drone Dilarang Terbang dalam Radius 5 Km dari Bandara, Di Indonesia Dilarang Lebihi Ketinggian 150 Meter

Bandara Internasional Dubai baru-baru ini menangguhkan operasi pada 15 Februari setelah dugaan aktivitas drone dilaporkan dekat bandara. Pada bulan Januari, Bandara Heathrow London untuk sementara menghentikan semua penerbangan yang berangkat sebagai tindakan keselamatan setelah drone terlihat terbang di dekat lapangan terbang, sementara Bandara Gatwick terpaksa menunda operasi selama 36 jam.

Hal ini membuat Bandara Heathrow dan Gatwick menghadirkan teknologi anti drone tersebut untuk menangani munculnya penerbangan drone ilegal di dekat lapangan udara yang bisa mengganggu lalu lintas penerbangan di dua bandara internasional tersebut.