Drone Muncul (Lagi) di Bandara Dubai, Operasional Penerbangan Dihentikan 30 Menit

0
Drone yang dilarang terbang di beberapa negara (t3.com)

Sebuah drone mencurigakan kembali membuat aktivitas bandara internasional berhenti dan menunda pengoperasian seluruh pesawatnya. Kali ini drone tersebut ditemukan di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Drone yang dicurigai tersebut terlihat pada 15 Februari 2019 setelah dilihat terbang di dekat area bandara.

Baca juga: Bandara Gatwick dan Heathrow Hadirkan Teknologi Anti Drone

KabarPenumpang.com melansir dari laman airport-technology.com (18/2/2019), dalam sebuah pernyataan pihak bandara mengatakan bahwa penerbangan sempat terhenti dari pukul 10.13 hingga 10.45 waktu setempat. Penghentian sementara ini dilakukan untuk pencegahan dan melindungi keselamatan para penumpang pesawat yang akan terbang dari Bandara Dubai.

“Bandara Dubai telah bekerja sama dengan pihak berwenang yang tepat untuk memastikan bahwa keselamatan operasi bandara dipertahankan setiap saat,” ujar juru bicara Bandara Dubai.

Bandara ini juga pernah menghentikan sementara pengoperasiannya pada 2015 lalu karena masalah drone. Penghentian tersebut selama 55 menit setelah ada drone ilegal yang terbang di dekat bandara dan tahun 2016 lalu ada tiga drone yang mendekati bandara.

Kejadian ini mengingatkan pada dua drone yang ditemukan dekat Bandara Gatwick London pada Rabu (19/12/2018) kemarin. Kehadiran dua drone misterius itu membuat bandara di London harus menunda keberangkatan mereka hingga hampir 24 jam dan 657 penerbangan dibatalkan serta puluhan ribu penumpang terdampar.

Sempat buka pukul 03.00 pagi waktu setempat, Bandara Gatwick mau tak mau tutup kembali selama 45 setelah drone mendekati bandara. Untuk menangani drone misterius tersebut, pihak militer Inggris dipanggil untuk membatu dan mengerahkan peralatan khusus untuk menangani situasi tersebut.

Baca juga: Bandara Gatwick dan Heathrow Hadirkan Teknologi Anti Drone

Akibat insiden drone misterius, Bandara Gatwick dan Heathrow akan menerapkan peralatan anti drone dengan standar militer. Kehadiran teknologi ini untuk menangani munculnya drone ilegal di dekat lapangan udara yang bisa mengganggu lalu lintas penerbangan.

 

Leave a Reply