Cegah Corona, Panasonic Avionics Luncurkan In-Flight Entertainment Tanpa Sentuhan

0
Dengan ‘Welcome Aboard’ Collection tak lagi perlu menyentuh IFE. Foto: Panasonic Avionics

Panasonic Avionics telah meluncurkan berbagai solusi yang dirancang untuk mendukung maskapai penerbangan selama fase pemulihan pasca pandemi Covid-19. Berbagai produk berteknologi canggih dengan sebutan ‘Welcome Aboard’ Collection ini merupakan jawaban atas sejumlah masalah di kabin, seperti In Flight Entertainment (IFE), bau tak sedap, sederet hal lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan maskapai.

Baca juga: Resmi Dapat Paten, Tongkat Ultraviolet Anti Corona Boeing Siap Diproduksi Massal

Dilansir dari Simple Flying, hal itu dilakukan dalam upaya membangkitkan lagi kepercayaan penumpang terhadap transportasi udara di tengah atau pasca pandemi Covid-19. Untuk mencapai itu, Panasonic Avionics mengeluarkan beragam produk dengan konektivitas, elemen hiburan, dan beragam keamanan dan keselamatan penerbangan di dalam kabin sebagai ruhnya.

Ken Sain, Chief Executive Officer Panasonic Avionics Corporation, dalam sebuah pernyataan mengungkapkan, “Ini adalah masa-masa yang penuh tantangan bagi industri penerbangan, dan kami telah memanfaatkan rekam jejak kami yang telah terbukti dalam inovasi digital di kabin pesawat untuk memberikan solusi yang dapat membantu membuat perjalanan menjadi pengalaman yang lebih aman bagi penumpang dan awak kabin.”

‘Welcome Aboard’ Collection atau Koleksi Welcome Aboard Panasonic Avionics bila diperas hanya ada dua fokus utama, touching less (tanpa sentuhan) dan menujukkan ke penumpang serta karyawan bahwa maskapai peduli semua hal tentang mereka di masa atau pasca pandemi, utamanya terkait kesehatan.

Wellness application membantu penumpang agar tak jetlag. Foto: Panasonic Avionics

Ada empat turunan dari touching less Panasonic Avionics, mulai dari mendigitalisasi publikasi, onboard reader, companion application, dan zerotouch. Mendigitalisasi publikasi berarti maskapai akan menghilangkan majalah dan bahan bacaan lainnya selama dalam penerbangan dan menggantinya dengan solusi onboard reader dimana majalah dihadirkan dalam bentuk digital. Tak hanya itu, majalah yang ditawarkan pun jadi lebih banyak dan variatif.

Semua hal di atas juga bakal terhubung dengan smartphone melalui companion application atau aplikasi pendukung maskapai yang dapat diunduh secara gratis di apple store maupun playstore. Dengan begitu, seluruh penumpang dapat memanfaatkan IFE selama penerbangan tanpa sentuhan ke perangkat tersebut. Sehingga kemungkinan penularan virus Corona di pesawat dapat ditekan.

Terakhir, zerotouch, maskapai dimungkinkan untuk melakukan pergerakan data dan informasi jarak jauh, dari dan ke pesawat, tanpa adanya sentuhan ataupun tatap muka. Software, media, dan konten apapun bisa dikirim dari jauh dengan cepat dan memungkinkan maskapai untuk memperbarui kesemua itu kapan pun mereka mau.

Berbagai elemen di atas kemudian dilengkapi dengan elemen digital wellness solutions. Sebagaimana namanya, digital wellness termasuk menyatukan fitur-fitur kesehatan, seperti konten yang dikurasi untuk relaksasi dan mencegah jetlag.

Baca juga: Kabar Baik! Inilah Invisibel AirShield, Inovasi Terbaru Cegah Corona di Kabin Pesawat

Di samping itu, fitur active surfaces di kursi juga memudahkan penumpang untuk mengatur posisi senyaman mungkin. Sekalipun tetap ada sentuhan, setidaknya, area sentuhan tersebut tak sebesar biasanya. Setelah penerbangan selesai, petugas cukup memfokuskan area kebersihan pada bagian active surfaces saja, tentu tanpa melupakan bagian lain.

Tak lupa, Panasonic Avionics juga menyisipkan fitur Nanoe Air Cleanser untuk meningkatkan kualitas udara dan menghambat pertumbuhan bakteri, virus, dan bau tak sedap. Bila penumpang masih tak cukup puas, fitur feedback atau kotak saran penumpang tersedia di masing-masing device untuk menyaring berbagai masukan solutif dari kacamata pengguna.

Leave a Reply