Resmi Dapat Paten, Tongkat Ultraviolet Anti Corona Boeing Siap Diproduksi Massal

0
Seorang petugas kebersihan tampak tengah mendisfeksi permukaan kursi pesawat dengan tongkat ultraviolet Boeing. Foto: Boeing via Simple Flying

Setelah melakukan pengembangan selama enam bulan, Boeing akhirnya berhasil menemukan alat disinfeksi baru yang dinilai jauh lebih efektif dan efisien berupa tongkat sanitasi portabel ultraviolet (UV).

Baca juga: Inilah GermFalcon, Robot Pembasmi Virus Corona di Kabin Pesawat dengan Teknologi UV

Rencananya, alat yang sudah mendapat lisensi atau hak paten itu akan diproduksi secara massal oleh Boeing dengan menggandeng Healthe Inc , perusahaan pengembang produk sanitasi UV berteknologi tinggi, untuk penggunaan lebih luas di masyarakat, seperti sekolah, rumah sakit, gedung perkantoran, dan lain sebagainya.

“Tongkat pembersih dengan teknologi UV dirancang agar lebih efektif daripada perangkat serupa. Alat ini dengan cepat mendisinfeksi permukaan pesawat dan selanjutnya memperkuat lapisan perlindungan lain bagi penumpang dan awak,” kata Mike Delaney, kepala program Confident Travel Initiative (CTI) Boeing, sebagaimana dikutip dari Simple Flying.

“Boeing menghabiskan enam bulan untuk mengubah ide tongkat ajaib menjadi mode kerja, dan Healthe sekarang akan mengambil prototipe itu dan membuatnya tersedia untuk dunia luas,” tambahnya.

Sebagaimana namanya, tongkat UV Boeing menggunakan sinar UVC dengan panjang gelombang 222 nanometer (Far-UVC). Hasil penelitian menunjukkan, 222 nanometer UVC mampu menonaktifkan patogen secara efektif.

Teknologi sinar UV untuk mendisfeksi permukaan dinilai jauh lebih efektif, efisien, dan aman dibanding cairan disinfektan yang biasa digunakan saat ini mengingat hal itu dapat merusak peralatan elektronik semisal panel kontrol di kokpit. Foto: Boeing via Simple Flying

Konsep alat disinfeksi portabel Boeing juga ada yang menyerupai koper jinjing. Dengan begitu, kru cukup membawa alat tersebut berjalan di lorong ataupun sudut lain pesawat. Otomatis, seluruh permukaan yang mampu dijangkau sinar UV akan membunuh patogen berbahaya sejenis Corona (Covid-19) dengan cepat. Tak hanya itu, sinar UV juga mampu membentuk lapisan perlindungan selama 30 hari. Tongkat UV sangat efektif di ruang yang padat dan membersihkan kabin utama dan kokpit dalam waktu kurang dari 15 menit.

Dengan efektivitas dan efisiensi tinggi, tongkat UV portabel Boeing tersebut dipercaya bakal memperkecil penggunaan alkohol atau disinfektan lain untuk mendisinfeksi pesawat (maupun non pesawat) yang notabene dapat merusak peralatan elektronik yang sensitif.

Saat ini, sudah ada sekitar 13 maskapai yang mengujicoba alat tersebut bersama Boeing. Dari jumlah tersebut, Etihad Airways merupakan maskapai pertama yang menjalani uji coba, sebagai bagian dari program ecoDemonstrator dalam kemitraan bersama Boeing. Oleh keduanya, alat tersebut didemonstrasikan di pesawat ecoDemonstrator Etihad 787-10 akhir bulan lalu.

Baca juga: “Confident Travel Initiative” Jadi Strategi Boeing Pastikan Penumpang Terbang Tanpa Ragu Selama dan Pasca Corona

Tongkat UV anti Corona Boeing sendiri merupakan bagian dari program Confident Travel Initiative perusahaan. Program tersebut merupakan sebuah inisiatif yang dipimpin langsung oleh wakil presiden Boeing bidang Transformasi Digital, Mike Delaney.

Nantinya, inisiatif tersebut akan menawarkan solusi baru untuk membantu meminimalkan risiko kesehatan di setiap perjalanan udara selama wabah Covid-19. Tak hanya itu, strategi tersebut juga akan mendorong kesadaran penumpang terhadap berbagai perlindungan kesehatan yang sudah ada, di samping perlindungan penumpang dengan penggunaan teknologi canggih semisal tongkat ultraviolet anti corona ini.

Leave a Reply